Tuesday, January 3, 2012

Oreo Cheesecake

Posted by Journal Mommy Yenny at 11:00 AM
Happy new year...!!! 2012 will be a better year...definitely... \^o^/

Sudah lama banget gak baking cake.... 
Menjelang akhir tahun, 1 suster ijin cuti dan ternyata gak balik *pengen ngejitak dia* so, di rumah tinggal 1 suster aja sementara dari kemarin, gue uda masuk kerja lagi. Hm...kalo ada yang punya rekomendasi atau stock pembantu *kaya barang supermarket pakai istilah STOCK* dengan senang hati gue minta info ya...

Anyway, 'gatel' juga gak bikin-bikin. Biasanya gue suka bikin sesuatu untuk di kantor menjelang Natalan. Tahun ini telat banget ... hahaha

Then, karena udah niat, bahan-bahan cheesecake uda ada di kulkas. 
eh, ketemu resep di sini

Baca resep sambil modifikasi karena gak mudeng paham deh baca resep pake cup, oz dan Farenheit. Just convert them and go!

Ini hasilnya

love the yellow surface color

Oreo Cheesecake
 
Bahan:
500 gr Cream Cheese, suhu ruangan
1/2 sendok teh bubuk vanilla
100 gr gula halus
120 ml heavy whipping cream
60 ml susu cair putih
2 telur

6 keping biskuit Oreo, cincang kasar

untuk base:
250 gr biskuit oreo, hancurkan halus
100 gr mentega tawar*, cairkan 
*gue pakai salted butter...males ah nyari lagi yang unsalted...
 
Cara membuat:
1. Buat base cake: di dalam mangkok, campurkan biskuit dan mentega cair sambil diaduk dengan sendok. Tuang dan ratakan di dasar loyang bundar bongkar pasang ukuran diameter 22 cm, sambil ditekan-tekan dengan punggung sendok. Sisihkan ke dalam kulkas selama 1 jam.

2. Panaskan oven 160 derajat Celcius. Kocok cream cheese sampai lembut dengan mixer kecepatan rendah. Berturut-turut tambahkan vanilla bubuk, gula halus, susu cair dan whipping cream. Kocok hingga lembut dan tercampur rata.

3. Tambahkan telur satu per satu sambil terus dikocok rata. Masukkan separuh dari keping oreo cincang kasar.
 
4. Tuang adonan ke alas kue (base cake). Taburi dengan sisa keping oreo cincang kasar.

5. Panggang selama 35 sampai 40 menit atau sampai matang. Keluarkan dari oven, diamkan sebelum didinginkan di dalam kulkas minimal selama 4 jam atau semalam.

Gue mulai buat base cake jam 9 malam. Kelar baking hampir midnite. Oven gue kayanya butuh waktu lebih lama daripada 40 menit. Total oven time jadi 60 menit. Pas 40 menit pertama, penampakan kuenya masih seperti puding. Sisi tengah kue masih agak basah. Oiya, kalau mau dapat potongan yang lebih tinggi, pakai loyang yang lebih kecil, misal 20cm atau 18 cm gitu ....tapi jumlah slices nya jadi lebih sedikit juga ya.

Paginya, yang mencoba pertama kali adalah .... Sebastian! karena yang lainnya belum bangun.

percayalah .... porsi dia gak sebesar ini koq.....jauh lebih kecil .... {^.^}

Baru makan dua suap dan belum ditanya, dia sudah nyeletuk "enak, mommy!"  Gue cuma nyobain secuil dikit dari porsi dia. 

Hm....looks good, smells good walau kelihatannya agak soft. Karena dulu gue pernah bikin pakai strawberry, blueberry dan greentea, rasanya lebih 'padat' Mungkin juga karena ada oreo chopped di dalamnya. Gue bayangkan kalau terlalu padat, saat dipotong malah jadi kurang mulus karena gompal sana sini. Itu juga sisi bawahnya ada crack dikit karena potong kuenya harus dengan sepenuh hati ... dan tenaga! wkwkwk.....

Sebagian kuenya gue tinggal di rumah. Semalam Luna dan Jov tahu kalo gue bikin cheesecake. Mereka bisa nagih kalo gak disisakan. Termasuk bagi si sus yang uda bertahan sendirian dengan 3 anak. Yay.. Sebagian lagi gue bawa ke kantor dan langsung ludes .... mereka (juga) bilang "enak!" thanks, guys. Sorry buat yang gak kebagian ... anda kurang beruntung cepat. Oops!

Untuk yang mau mencoba resep, happy baking! 
Untuk yang mau icip-icip (lagi), eerrr..... nunggu nanti mood gue nongol lagi yeh...

Until next time ... :b


4 comments:

Anonymous said...

ah gue nungguin elo bikin lg aja yen trus gue minta hihi

Journal Mommy Yenny on 3:56 PM said...

@ Debby, hahahaa...boleee aja Deb...:)

Rina @ Bento School Lunches on 10:33 PM said...

Love the pink piggy and the heart shape box as well. Tomorrow school will start here after the holidays. Need to get back my momentum in bento making ;)

Journal Mommy Yenny on 10:10 AM said...

@ Rina, Hi...happy new year, Rin...
Thank you for stopping by. Looking forward to see your cute bento...

 

Mommy of twins Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare