Tuesday, July 9, 2013

While in Hong Kong

Posted by Journal Mommy Yenny at 5:13 PM
Hai...

Kembali lagi cerita soal kerjaan ^o^

Minggu lalu dikasi new assignment untuk area Hong Kong dan Taiwan. Sebagai marketing, assignment untuk area apapun diterima aja. So, berangkatlah gue sendirian ke sana untuk urusan kerjaan. By the way, bahasa Mandarin gue juga masih pas-pasan. Artinya, pas mau ngomong, pas bingung ini pake kata-kata apa ya... hahaha... Beberapa client memang bisa bahasa Inggris, apalagi Hong Kong kan sebelumnya koloni Inggris ya, tapi kalo bisa Mandarin akan lebih akrab saat ngobrol.

First stop will be to Hong Kong. Last stop will be to Taiwan. Selama ini, gue bolak balik hanya transit di Hong Kong, kaga pernah keluar dari airport. Jadi, termasuk first timer juga nih... *norak dot com*

Then, biar lebih efisien, berangkat di hari libur tgl 1 Juli -by the way, Hong Kong free visa untuk Indonesian- Jadi besoknya bisa langsung kerja. Untuk urusan kerjaan sih, engga banyak yang bisa diceritakan ya. Dalam arti, engga menarik deh untuk dibaca :D Jadi, mari kita ngobrol hal lain diluar kerjaan ya.

Berangkat dengan CX direct flight Jakarta-Hong Kong. Take off pagi sekitar jam 8 gitu dan sampai sekitar jam 2. Karena airport HK agak padat, sempat terlambat landing. Trus, karena kendala tehnis, sempat menunggu lama untuk claim baggage. Jadilah sekitar jam 5 baru beres ambil bagasi dan siap keluar airport.
Di pesawat banyak keluarga dengan anak-anak yang pergi liburan (maybe...engga gue tanya juga) terasa banget lah holiday mood nya.

Sebelum keluar airport, beli Octopus Card dulu

Kartu ini bisa dipake untuk naik bus, naik MTR, belanja di seven eleven, dll. Gue beli HKD 150. Ada isi deposit HKD50. Nanti kalau engga mau pake lagi, deposit bisa dikembalikan dipotong admin HKD9. Gue keep aja lah, kalau nanti mau pergi lagi, tinggal isi ulang karena engga ada expiry date nya.

Di HK airport, ada free WIFI. Lumayan lah bisa langsung BBM-an lapor ke mana-mana (maksudnya ke suami, ortu, mertua, boss, tetangga) udah mendarat dengan selamat. Selama abroad, biasanya data service BB gue OFF dan hanya ON untuk WIFI. Memang ada paket-paket roaming overseas, tapi jadi berasa ribet sendiri ngingetin jam-jam aktifasi dan apa aja yang bisa kena extra charges *sigh* Udah kapok kena tagihan hape yang bikin shock, belum lagi siap-siap jelasin ke kantor. Dah..matiin aja beres.

Hotel uda booking di Nathan Road. Hotel itu convenient banget karena terhubung basement nya dengan MTR stasiun Jordan. Oiya, hotel ada free WIFI juga... *penting banget itu buat exist kerjaan*
Transportasi dari airport bisa dilihat di sini
Karena gue tiba di hari libur, artinya engga dikejar-kejar jadwal meeting, gue pengen nyantai explore the city. Ada 2 pilihan yang gue pertimbangkan. Naik airport express mass transit railway (MTR) atau naik bus.

Mari buka peta MTR

Berbekal peta, mau cobain naik airport express (jalur kuning tua) sampai Kowloon. Dari situ naik taxi ke Jordan. Karena dekat, paling sekitar HKD20 aja untuk taxinya.
Mau lebih berpetualang? naik bus dari airport ke Tung Ching (kuning muda) line, turun di Lai King, pindah ke Tsuen Wan (merah) line sampai ke Jordan. All the way using MTR.
Kalau naik bus, ada bus nomer A21, langsung dari airport ke Nathan Road.

Final decision....gue naik bus. Ongkos sekitar HKD33 (kalo ga salah inget, karena pas naik cepet2 tapped si octopus). Pertimbangannya karena gue bawa koper dan ransel laptop. Membayangkan turun naik stasiun - walau kopernya kecil sih- rasanya ribet juga. Naik bus, pas turun depan hotel, kira-kira 30 menitan gitu deh.

Bus nya nyaman banget dan bersih. Selain itu, ada free WIFI nya juga...yay!...lanjut posting-posting....

Setelah check-in, langsung keluar lagi untuk cari makan dan cuci mata. Itu udah jam 7 an gitu....
Asli, laper banget. Karena berangkat pagi, gue engga makan banyak. Jam 6 pagi begitu perut rasanya engga pengen diisi banyak. Pas di pesawat, dikasi makan sih...pilihannya nasi ayam atau pasta seafood. Gue pikir, pasti ada sayurnya lah ya, jadi gue pilih nasi ayam. Jreng-jreng...dapetnya yoghurt, roti croissant, buah (nanas, melon dan pepaya - masing" sepotong) dan nasi plus ayam kecap. Alhasil, gue cuma makan yoghurt, roti dan buah. Ya masih laperlah...Ngebayangin nanti late lunch aja after landing, ternyata jadinya dinner >,<! So, saking laparnya, engga foto-foto makanan yaaa...

Kelar makan, masih sempat ke Ladies Market
Naik MTR dari Jordan, turun di Mong Kok. Deket banget koq, sebenarnya bisa jalan kaki dari Nathan Road.
Market ini on weekdays buka dari jam 4 sore-11 malam. Jalanannya ditutup untuk kendaraan, jadi untuk pejalan kaki aja. Jadi di jalan itu banyak kios-kios kaki lima dan toko-toko di kiri kanannya. Jalanannya panjang banget dan barangnya juga macem-macem, jual suvenir, kaos/t-shirt, dompet, tas, jam tangan, usb lucu, magnets, casing hape, baju, headphones, dll deh.
Rame banget, bener-bener pasar malam gitu. Sambil lewat, kedengeran orang-orang ngobrol dalam berbagai bahasa sampe sering juga kedengeran bahasa Indonesia :b
Di sini, pinter-pinter nawar aja.

Nah, dari tengah jalan, sempet keliatan toko yang jual ini di pinggiran jalan

Dueh...mata gue rasanya bling-bling gitu.
Di sini, Hello Kitty dan figur2 Disney lainnya lumayan beken. Rasanya mereka punya apapun dalam Hello Kitty. Gue pernah lihat panci, rice cooker, setrika dan semacamnya itu deh. Kalo ga inget kapasitas koper, rasanya kepengen borong.

Akhirnya gue beli souvenir buat oleh2 orang rumah aja

Satu piece nya HKD10 (1HK=Rp 1,200an)
Lumayan deh, engga makan tempat di koper :D

Pulang ke hotel, besoknya langsung kerja *skip aja ya cerita tgl 2*
Tgl 3 udah flight out ke Taiwan.
Sambung nanti ya....

Mamana Clo on 5:21 PM said...

lama bener yen? mendarat jam 2 baru keluar bandara jam 5.. mau ngalahin bandara jakarta kali ya hehehee...

Journal Mommy Yenny on 6:30 PM said...

Mamana Clo: mendaratnya engga jadi jam 2, Xiao, karena pesawat muter-muter dulu di atas nunggu traffic, jadi baru landing ampir stgh 4 gitu kayanya hehehehe...

Arman on 10:35 AM said...

asik amat sih yen kerjaan lu jalan2 ke luar negeri terus.. huahaha

Journal Mommy Yenny on 2:25 PM said...

Arman: resiko jabatan, Man heheheheehe

Ah Boy and Ah Girl's Mom on 9:39 AM said...

gw dulu juga beli tempelan magnet tulisan Nathan Road. hihihihi....

Journal Mommy Yenny on 10:46 AM said...

Ah Boy and Ah Girl's Mom
hehehe iya Len...gue juga kalo udah bingung, ya beli magnet aja deh.. soalnya ga gitu makan tempat di koper ya. Tadinya tergoda buat beli magnet yang bentuk2 lucu, kaya mangkok bakmi lengkap ama sumpitnya... tapi takut patah..:b gak jadi deh..haha

Mommy of twins Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare