Tuesday, December 21, 2010

Christmas cupcake

Posted by Journal Mommy Yenny at 1:29 PM
Continuing the expectancy of Christmas, I made Christmas-theme cupcakes using plastic-icing.
This is my first attempt to make decorated cupcake

Sebelumnya rada-rada gak pede bikin cupcake pake fondant. Udah kebayang repotnya tapi kali ini penasaran pengen coba. Setelah konsultasi dan didorong-dorong sama Vera berani deh bikin. Walau hasilnya tentu saja tidak sebagus punya Vera.

Idenya dapet dari internet, jadi ini bukan kreatifitas gue sendiri yeh...

Santa cupcake, aren't they cute?

Mulai mixing and baking jam 8.30 malem. Keluar dari oven, cakenya langsung ditaruh depan kipas angin karena sampai dingin betul baru boleh dihias. Sempet cobain 1 biji, untuk memastikan kuenya mateng. Kalo gak, kan 'lucu' banget kalo udah dihias baru ketauan kalo blom mateng.
Weleh, rasanya koq kaya brownies...?? *jangan-jangan ini bantet ya* dan manis... hah, padahal takaran gulanya uda gue kurangi 100 gr dari resep asli 250 gr. Gue uda mikir, kalo fondant kan manis, harusnya cakenya gak terlalu manis, biar gak eneg. Nanti kapan2 cari resep cake yang lebih enak deh.

Setelah dingin, mulai deh menghias. Dasar gak punya pengalaman main-main dengan fondant, bolak-balik kebingungan. Mulai dari bingung pake cetakan apa untuk cocokin gambar yang gue mau, lengket di alas karena kurang pakai maizena sampai kesel karena pas akhirnya jadi..eh, mukanya ketetesan air! Begitu pelan-pelan gue lap pake tissue, eh permukaannya keliatan kaya 'lecet' alias gak mulus lagi. Duuuhhh... Mau marah juga bingung, uda malem, tinggal sendirian di dapur. Mau loncat-loncat, pinggang juga uda pegel. Akhirnya jadi ngedumel-dumel sendirian. Tapi pantang menyerah! sampai akhirnya lega juga jadi satu buah :)

Alhasil, sampai jam 1.30 pagi, baru kelar 2 buah! Haduuuhhh... ternyata gak gampang menghias cupcake. 1 cup butuh 45 menit! *mau nangis* Walau kudu diakui, asik juga lho...
Rencana awal, mau bikin 6 buah. Ah, pas selesai 2, give up dulu deh...ngantuk sih kaga ya..cuma kalo mau diterusin, bisa begadang nih. Jadilah gue tidur dulu, stel weker bangun jam 5...eh, dimundurin jam 6...takut gak bangun :b

After packing
Besok paginya (bener bangun jam 6 jadinya), gue lanjutin bikin 2 pieces lagi. Niat hati sih bikin 4 ya, tapi nyerah deh...kalo diterusin, bisa gak masuk ke kantor :b Setelah ada pengalaman dari semalam, 1 cup selesai dihias 30 menit *masih kelamaan juga kali yeh*
Setelah selesai, gue masukkin ke tabung mika. Wah, ini juga ide dari Vera nih... emang jempolan banget deh Vera!
Setelah dijejerin begini, baru deh ketauan, gue bikinnya gak standard. Ada yang gede ada yang kecil. Sisi tepinya banyak yang belum mulus. Hahahaha...kaco deh kaco...

add a ribbon
...then ditambah pita dikit, warna keemasan dengan tulisan MERRY CHRISTMAS, biar manis.

Well, have a Merry Christmas for yourself and loved ones. God Bless Us all.

15 comments:

nomad girl on 2:04 PM said...

congrats yak! on your advancement in the world of baking.
bagus koq jadinya...

mamana clo said...

gw ampe skg belom praktek sendiri bikin cupcake pake fondant padahal udah kursus hahaha...
soalnya orang sekitar gw anti yang manis2 dan pake pewarna gitu.. sayang kalo ntar dibuang..
jadi gw latihan pake playdoh-nya si bocah aja hehee...

Sysyl on 12:50 AM said...

wah keren loh mbak!!! aku sampe sekarang belum berani bikin kue lagi gara2 pernah bikin bantet 3 adonan berturut2...tiap mau nyoba bikin lagi, inget adonan yg terbuang sia2 jadi trauma hahaha

great job!!!

Belzy on 11:42 AM said...

bagussss yennn....ini elo baru pertama kali bikin kan? ihhh uda bagussssss......

Gue ye yen tiap ngeliat blog elo sih selalu mikir, "ini mami kok sempet2nya yah uda ngantor eh masih bebikinan yang butuh kedetailan ama kesabaran gini yah".
TOP deh yen :)

Journal Mommy Yenny on 9:26 PM said...

@ nomad girl, ah, makasih dede-ku sayang...

@ mamana clo, wah asik juga tuh pake playdoh...emang mirip sih ya fondant ama playdoh hehehe tapi apa gak rebutan tuh playdohnya...hahaha

@ Sysyl, makasih ya Syl
hayo coba bikin lagi...kalo khawatir/nyoba pertama kali biasanya gue bikin 1/2 resep aja. in case gak jadi, gak gitu nyesel :)

@ Belzy, aduuuhhh, Bel...lo terlalu memuji deh :) gue bikin2 ginian kalo sempet aje :p nah jenis masak-masak elo lebih banyak daripada gue. Thanks for the compliment ya say...really appreciate it.

Pinkbuble on 8:10 AM said...

Iya bel!!! Gw juga bingung..working mommy, saban hari buat bento cantik!! Gile ya? Hebat deh lu yen, gw aja yg single dan tidak berbento..selalu kewalahan setiap pagi!*ngapain coba?!*

Hihihiji..

Journal Mommy Yenny on 2:41 PM said...

@ pinkbuble, thanks a lot, El *hug hug kiss kiss* nanti kalo lo udah jadi mami juga beginilah kerjaannya :D

Selvi on 4:16 AM said...

bagus yen cupcakesnya. nah kalo gua rajin search resep tapi sama sekali nga pernah praktek, cuma teori aja.

gua ngakak baca komen elrica yg single dan tidak berbento selalu kewalahan tiap pagi.
Soalnya gua juga sama tiap pagi kewalahan padahal nga ngapa-ngapain.

iya salut ama elo, kerja ok - masak ok - bento ok.

Journal Mommy Yenny on 10:45 AM said...

@ Selvi, makasih commentnya ya Sel...
nanti tunggu Bradley gedean..lo pasti demen deh masak-masak lagi :)

ashleyprincess on 2:23 PM said...

baguss kok cupcake nya, punya gw jauh lebih ancurr hehehe.. yg penting seneng ngebuatnya :)

merry xmas ya Yen!

Journal Mommy Yenny on 3:19 PM said...

@ ashleyprincess, hehehee...merry Christmas juga Mei...

Anonymous said...

bagi gua sih bagus.. dan keliatan enak.. hehhehe... gua mah nyerah dah..

Journal Mommy Yenny on 3:14 PM said...

@ ernie, makasih ya Nie *hugs* happy new year yaaa

Anonymous said...

Looks so cute even utk yg katanya 1 st attempt. Bagus banget :)

Journal Mommy Yenny on 10:01 AM said...

@ rabbitcancook, makasih banget ya Mei...elo sendiri masak2nya keren ya

 

Mommy of twins Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare