Monday, April 19, 2010

PR #9: Pho Bo

Posted by Journal Mommy Yenny at 10:35 AM

Pho bo - kwetiau kuah daging sapi ala Vietnam

resep asli di sini


» Bahan Dasar
500 gr Kwetiau basah
200 gr Daging sukiyaki

» Bahan Utama
150 gr Taoge

» Kaldu
3000 ml Air
350 gr Tulang dengkul sapi
4 bh Bawang Putih
3 ptg kcl Jahe
2 btr Bawang Bombay
3 sdm Minyak goreng
2 ptg kcl Kayu Manis
1 ptg Bunga lawang (pekak)
1 sdt Garam
0.5 sdt Lada Halus
3 sdm Kecap ikan
1 sdt Gula pasir

Cara Membuat :

1. Rebus air dengan dengkul sapi hingga mendidih, kecilkan apinya, didihkan terus.
Buang buih-buih yang mengapung. Memarkan bawang putih dan jahe.
Belah bawang bombay membujur, lalu iris tipis

2. Panaskan minyak goreng, tumis bawang putih, jahe, dan bawang bombay hingga harum,
masukkan kayu manis dan pekak, aduk. Masukkan ke dalam rebusan tulang.
Masak di atas api kecil hingga harum, angkat.

3. Ukur kaldu kurang lebih 1500 ml, jerangkan kembali.
Bubuhi garam, merica, kecap asin, dan gula pasir.
Masukkan daging, panaskan diatas api kecil

4. Seduh kwetiau dan taoge secara terpisah dalam air mendidih, angkat, tiriskan

5. Penyajian : Susun kwetiau dan taoge dalam mangkuk, tuangi kuah panas berikut
irisan daging. Taburi cabai rawit, daun bawang daun ketumbar, dan daun mint.
Sajikan panas dengan jeruk nipis.

Dalam prakteknya, gue gak ketemu dengkul sapi
(to be honest, gue juga belum pernah lihat dengkulnya sapi...kaya apa ya...?)
setelah melongo 2 menit depan counter daging, akhirnya gue beli iga sapi. Yang penting ada tulangnya untuk direbus deh.

Masaknya hari Jum'at malem 16 April.
Cuma bikin step 1 dan 2. Trus masuk kulkas
Terusin lagi hari Sabtu pagi, tinggal angetin kaldu, seduh kwetiau basah dan toge
hm...cabe rawit potongnya lupa difoto... >,< style="font-style: italic;">*nyengir lagi, abis sayang daging iganya setelah direbus*

comment dia banyak banget

Jovann: "enak, jojo suka kwetiau..!" --> sindrom tong-sam nya keluar

Luna: "gak mau ah" sambil sibuk main --> gue heran, biasanya mau aja nimbrung nyoba
*tapi pas jamnya makan siang, habis juga makan ini*
mungkin waktu ditawarin, dia dah kenyang.

Bastian: "enak" *cuma nyicip kuahnya aja*
gue curiga, anak ini dikasi makanan apa aja selalu bilang enak.
makanan apa ya yang menurut dia kaga enak??

6 comments:

mamana clo said...

Dengkul sapi kaga ada daging-nya sama sekali.. mahal pula.. kayanya mendingan pake iga deh, masih ada dagingnya yg bisa dimakan hehee..

thesalem on 12:31 PM said...

hehe kesimpulannya semua anak lu mah gampang-gampang aja yah makannya Yen?

Gw juga gak tau mana dengkul sapi, knp gak tanya mas-nya aja Yen..gw kalo belanja ke tempat daging di spm, masnya gw introgasi satu satu tipe dagingnya hehe..kadar lemak, empuk dll..sampe waktu itu gw sempet dipanggilin spv nya huahaha..padahal beli juga mentok di 200gr :P

Belzy on 1:30 PM said...

hua....uda pada bikin, gue malah baru nyetor pad thai yen :). Enak yahhh.....emang gue pas lagi pengen bikin pho nih, eh pas2an pr nya juga bikin ini :).

Journal Mommy Yenny on 4:23 PM said...

@ ernie, iya bener...gak nyesel gue, beli iga

@ maryna, hehehheee...untunglah...
hahahaa niat bener elo interogasi mas-nya...

@ belzy, gue skip pad thai *hiks* lagi kerepotan minggu lalu.
iya cobain deh ..enak koq..seger gitu

debby tondo on 10:37 PM said...

sukses nih, dipuji suami n anak2... gue juga ga beli dengkul sapi, gue nitip tulang sapi ma org dapur restonya bos gue tp kedikitan, tar gue mau nitip lagi baru bikin :)

Journal Mommy Yenny on 3:40 PM said...

@ deb...iya tumben hubby muji...
hehehehee...bolehlah bikin lagi, deb...

 

Mommy of twins Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare