Wednesday, March 31, 2010

PR #7: Fettucine Alfredo

Posted by Journal Mommy Yenny at 4:12 PM
dimasak tgl 04 April 2010

click here for original recipe

Terjemahannya:

Bahan:
220 gr fettucine kering
6 sdm mentega tawar
1 siung bawang merah, cincang
1 cup heavy cream
1 cup keju parut parmesan-romano
1/2 sdt garam
1/4 sdt blackpepper
Parsley segar, untuk hiasan (optional)

Cara:
Rebus fettucine dengan air yang sudah di beri sedikit garam dan minyak sampai al dente.
Saring airnya, sisakan 1/4 cup air rebusan.
Panaskan mentega hingga cair dengan api sedang, masukkan bawang merah, masak hingga harum.
Masukkan heavy cream, masak hingga mendidih dan masak hingga saus krim berkurang sedikit (kira2 5 menit). Angkat dari api.
Taruh kembali panci bekas merebus pasta.
Panaskan air bekas rebusan dengan api sedang, kemudian masukan pasta, aduk2.
Tambahkan campuran mentega-krim dan setengah keju parmesan, dan aduk hingga tercampur rata.
Bumbui dengan garam dan blackpepper.
Taburi dengan sisa keju, dan hiasi dengan parsley. Sajikan panas.

modifikasi dari gue:
tambahin 1/4 bawang bombay, cincang halus
2 buah jamur champignon, iris tipis
3 pcs sosis ayam, iris tipis

trus, karena gak dimakan sekaligus, gue masak agak beda
setelah rebus dan tiris fettucine, gue kasi mentega dikit biar wangi
trus langsung bikin saus
tumis bawang merah, bawang bombay dengan mentega
masukkan sosis dan jamur
trus masukkan air rebusan pasta 25 ml, tuang cooking cream 100 ml
aduk rata, campur sedikit keju
taburi garam dan lada halus
(gak pakai merica hitam, biar anak2 gak kepedesan)
aduk agak kental, trus angkat.

Mau makan baru tuang saus ke atas fettucine, plus taburi keju.

rasanya sedaaaapppp...
tadinya mau pakai taburan crispy bacon
sayang, pas belanja, kaga nemu bacon.
begitu aja dah enak
Luna emang gak gitu doyan creamy food, jadi dia gak mau cobain
Bas baru makan nasi, jadi kenyang
Jovann...walau dah makan nasi, tetep mau cobain...dan nambah!
dia bilang "ini enak banget, mommy..." huah...soal makan emang dia gak ada mate-nya.

sebelum masak, bantuin anak2 bikin PR sekolahnya, bikin keranjang paskah

syarat bikin:
bahan dari kertas
dasar lingkaran
diameter 12 cm
tinggi 7.5 cm

jadinya seperti ini



gara-gara mau bikin ini, gue jadi beli jangka
kalo gak, bikin lingkaran-nya, gak bulet dong
trus sisi dindingnya, gue suruh mereka tempel kertas warna warni
sebelumnya kertas warna warni nya gue bolongin pake puncher gambar cupid dan lingkaran kecil (pakai pembolong kertas tuh)
hahaha mereka dengan semangat nempelin
Luna nempelnya dengan jarak dekat2..jadi cupidnya keliatan banyak
Jovann nempelnya agak renggang2..kata dia yang penting, kertasnya penuh ditempelin.

setelahnya, gue yang bikin semua
tempelin gantungan/pegangan merah dan biru
warna favorit Luna ama Jovann
terakhir, dalamnya dilapisi kain tile.
masih dengan warna merah dan biru.

huh...setelah bikin, kayanya pegel bener
juga berpesan sama mereka "jangan di-buat main ya...kalau rusak, mommy gak mau benerin..."
hahahahhaaa...

7 comments:

mamana clo said...

anak gw ga suka creamy food nih.. alamat bapa-nya yang ngabisin..

keranjang paskah-nya seukuran ember KFC ya?

Journal Mommy Yenny on 12:05 PM said...

@ mamana clo, hehehehe
elo aja yang ngabisin...ooohh...kaga lebih kecil...

Patzie on 4:12 PM said...

wah!! keetulan banget...
tadi pagi baru aja bikin Fetucinni dari resep yg dulu pernah si LC posting...
Ni wei.. bikin lingkarang gak pake JAngka bisa kok yen
Caranya:
Ambil kertas memanjang *sesuai radius yg mau dibikin nantinya...tapi dilebihin dikit yah 1 cm*
Trus ambil 2 pensil atau 2 bulpen...
Bolongin ujung kertas yg 1 pake Pensil pertama..
trus tandain di kertas radius lingkaran yg mo dibuat...
Lalu bolongin n ditusuk pake pensil ke 2
trus tinggal diputer aja 360 derajat... dgn 1 pensil tetep diem....
*ngerti ga??* kayaknya gak ngerti d... hahaha

Selamat mencoba

Journal Mommy Yenny on 4:39 PM said...

@ petsi, hehehehe ngerti koq
gapapa...tu jangka simpen buat jovann/luna masuk SD! hohohoho

Nancy on 6:51 PM said...

Fetucine; no comment..ntar gue cobain bikin...

keranjang paskah; @ci+petsy...haiyah,..susah amat kudu pake jangka dll,..tungkupin aja mangkok rumah, garis-in,..beres!
hahahaha.....*cara males* kurang lebih dikit dari 12cm gak kelihatan lah,...emang diukurin ama gurunya?

twinsmommy on 12:39 PM said...

Tumben lu dah buat duluan, enak yah emang.

Btw lu suka kebagian pr bantuin anak2 yah, kalo skull anak g biasanya jrg nyusain ortu jd kayak paskah tetep anaknya bikin sendiri di skull hehehe. Selama anak g tk g mah tetep nyantai ga pernah di bebanin apa2 termasuk homework hehehe

Journal Mommy Yenny on 6:43 PM said...

@ icen, iye cobain aje bikin
duh, gue kan mami yang disiplin...disuruh 12 cm ya 12 cm lah

@ liz, emang tumben
mood masaknya lagi nongol kali, krn stress kerjaan hahahahah
iya, baru kali ini gue bantuin bikin
abis, anak TK disuruh bikin keranjang paskah tanpa alat bantu sama sekali...
paling gak, kasi keq polanya, mungkin mereka tinggal gunting and tempel...
i bet other kids juga dibantuin ortunya d...

 

Mommy of twins Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare