Wednesday, August 26, 2009

Benjolan

Posted by Journal Mommy Yenny at 2:36 PM
Situasi ini dah bikin gue paranoid

Masalahnya begini
dari bulan kemarin, gue sempet mendeteksi ada benjolan kecil, segede kacang hijau, di sisi bagian bawah salah satu payudara gue.
Mulanya gue pikir, apa pengaruh hormon. Gue tungguin lah sebulan.
Eh, ga taunya masih ada juga.
Then, last week, gue dikirimi email mengenai kanker payudara
Wah, dikatakan, ada benjolan sekecil apapun kudu periksa. Karena awalnya cuma sebesar kacang tanah dan tidak sakit. Namun, memang itu ternyata bibit kanker, akan membesar.

Waduh, gue langsung parno dong
memang benjolan gue ini ga sakit dan kecil banget
tapi kan ini di dalam badan ya ... amit amit sih, tapi gue selamanya penasaran dong kalo ga cari tahu

Sempet kepikiran hal yang macem-macem sekaligus bertanya-tanya.
Udah berputar-putar sendiri tuh pertanyaan, kalo emang bener, datang dari mana ya?.
Gue hidup dah lumayan sehat koq, walau ga "kebangetan" sehatnya.
Sarapan pagi buah, sesekali salad sayur jadi rutin dong makan serat
olahraga sih emang belum rutin nih *bolong-bolong nunggu sempet*, tapi gue jalankan koq
trus cek darah gue normal, tensi normal, kadar gula juga normal koq.
Gue juga kaga overweight ..
"Dosa" gue adalah ga bisa nolak makan kue dan coklat. *hiks*

Setelah mertua saranin coba ke dokter kandungan dulu, dua hari gue maju mundur sampai mutusin pergi.
Sekalian dah pap smear tahunan
Nah, waktu masuk ruang praktek, gue langsung bilang
"dok, saya punya 2 hal. Pertama mau pap smear, kedua mau konsultasi ada benjolan di dada"

dr langsung bilang: "mungkin itu karena ibu kurus..."

gue langsung bingung: "ha..? dokter yakin? sebesar kacang hijau, dok?" koq tanpa dia lihat bisa ngomong begitu ya..?

dr: "coba nanti kita lihat ya..."

akhirnya setelah pap smear, dia cek lah
dr: "ooh, ini sih otot bu.. ujung ototnya sedikit nongol. Bukannya benjolan. Ga apa apa. Nah, kalo ini (sambil pegang di tengah dekat diafragma) yang tadi saya bilang. Istilahnya bla..bla..bla.. (gue lupa istilah biologinya). Tulang yang terdorong akibat perut membesar selama kehamilan"

Gue memang punya tonjolan keras, sebesar biji salak lah, di tengah bawah diafragma.
Selama ini gue kira liver (opini yang cukup dodol buat anak jurusan biologi)

Keluar dari ruangan dokter, gue lega banget. Walau berpikir akan monitor otot nongol ini.
Emang kudu SADARI tiap bulan dan pap smear tiap tahun, kan.
Selain itu, realised kalo gue kurus *ya iyalah ... sampe otot bisa nongol, hiks*

hm, ceritanya belum kelar nih
habis pap smear, dokter nawarin mau vaksin serviks ga
emang berapa duit?
katanya kira-kira sejutaan lebih dikit lah *huh?* dan suntiknya ga cukup sekali. Harus 3 kali dalam interval tertentu *hah?*
Setau gue, yang kaya gini kaga termasuk tanggungan medical kantor deh *wadau...*

10 comments:

Patzie on 3:26 PM said...

WUah sama tuh yen. aBis pap smear bulan lalu gw jg ditawarin vaksin...
emerson sih suruh vaksin aja. tapi gw yg takut!! LAH kan suntiknya dimana coba...mana tiap bulan suntik *serem banget* Paling musuh ma jarum suntik. Dulu wkt melahirkan seh pernah disuntik tapi kan itu terpaksa banget...hix.
Oh gak diganti ma kantor kayak ginian? apalagi kantor gw!!! gak ada biaya obat.. 100 perak pun.

Anonymous said...

Yen..emak gw dulu sempet ada kanker PD kan..itupun gak ketauan..gak ada benjolan etc...cuma pas lg MRI..ada kyk bekas gumpalan susu yg gak keluar pas dia nyusuin anak"nya..gile..itu kan dah 20 thnan lebih...akhirnya dioprasi buat dibersihin kalo gak salah...kbskannya..dokternya dtg ke kamar nykp bilang ada kanker PD..emak gw mpe shock..tp untungnya masih stage 0...jdnya diangkat..skrg sih tiap thn check up...katanya abis oprasi tuh sengsara bgt...kan PDnya diangkat..jadinya kyk pake silicon gt kan..trus otot dr punggung blakang tuh ditarik ke PD..udah gt ada tube dr punggungnya buat ngeluarin darah..gw sih gak liat..tp yah ngedengernya ajah udah serem bgt...

Journal Mommy Yenny on 4:04 PM said...

@ pet, gue sih kaga takut suntiknya cuma muahal bgt seh dan kaga dicover ama kantor.
Karena prinsip kantor adalah reimbursement untuk pengobatan bukan pencegahan
Kacau bener kantor lo pet
Kalo lo sakit gimana? Pasrah dong keluar duit berobat sendiri?

@ jess, ouch lo bikin gue merinding aja
Anyway, not to mean to scare you off, tapi kalo nyokap lo pernah kena, berarti you are in high risk too
Regular check ya jess.
Siapapun pasti ga kepengen lah kena sakit beginian

Anonymous said...

iya yen..makanya gw jg suka jd takut sendiri..mana ada sih org yg mau sakit...dah gt yah opa gw dulu sempet kena kanker perut pa liver gt..dah gt PIL juga sempetr kanker perut kl g slh pas thn 2005..trus thn lalu dia didiagnose sama kanker liver..dr januari kmrn dia tgl di RS..bulan juni kmrn baru keluar...dah gt sempet kemo bbrp kali juga...serem yah kalo udah kena penyakit gt...

Selvi on 8:57 PM said...

yen, ini gua selvi (gathering di rumah elsiey). vaksin 3 kali, nga diganti asuransi karena teman kantor ada yg coba klaim dan ga diganti.

oh yah, kalo vaksin di rs husada harga sekali suntik rp. 850ribu. gua malah belum pernah pap smear, kemarin mau pap smear waktu ada promo di rs siloam tapi nga bisa datang akhirnya. padahal harus setahun sekali yah?

nomad girl on 9:40 AM said...

weh,....take good care sis.

emang vaksin serviks tujuan nya apa?

Journal Mommy Yenny on 10:23 AM said...

@ jess, iyeh I aware about your story about PIL last time.
emang bikin parno yaa.. makanya gue dah mulai mikir arah hidup sehat deh

@ selvi, thanks for the info
tapi beneran kaya kata si petsi? suntiknya di SITU? bukan pantat atau lengan gitu?
nah itu dia. kantor gue juga ga ganti deh. Padahal kalo kira-kira sejutaan, trus harus vaksin 3 kali (katanya kalo cuma sekali sama aja boong) dalam bbrp bulan..waduh, jadi 3 jutaan dong yaa..
kalo gue sih pap smear setahun sekali
patokannya deket ultahnya bastian
biar inget aja tiap tahun
iyalah, vi .. anggapannya gue bikin rutin (kalo hasil normal ya) abis kita kan dah sexually active ya ... malah dulu tiap gue abis lahiran, 6 bln kemudian pap smear dulu. baru ngikutin jadwal tahunan

@ icen, vaksin serviks buat mencegah kanker serviks say
kalo gue ga salah inget, itu kanker leher rahim, getu
sayangnya masih mahal
belakangan ini udah sedikit lebih murah dari baru launching. sedikit lho ...toh sejutaan juga sekali suntik

Patzie on 10:57 AM said...

gw kalo obat, reimburse di kantor emerson yen. *krn emerson jarang pake*
Oh ya buat vaksin itu byk macem yen. kmaren itu gw ditawarin ma sales di Siloam soal vaksin sekitar segitu dah. trus kalo dari RS Siloam ada lagi vaksinya n lebih mahal lagi...ternyata kata pihak RS itu yg sales ma yg di RS beda vaksin nya. NAh loh!! ribet kan.. di sebutin ada pencegahan virus apa2 lah.. kalo si sales virusnya ini itu... DUILE!!!! RIBET bener!!! ud pusing ma harganya mesti pusing ma virus yg macem2 lagi.

Argggh!!! ud mahal mesti bayangin sakitnya lagi.

Mommy Axel on 2:21 PM said...

Di tangan gue ada benjolan, udah 4 tahun lebih deh. Sakit sih engga, cuma kalo dipencet2 ya sakit. Gue takut Yen periksanya. Lagian juga bingung mau ke dokter mana. Terus takut mahal juga. Udah gituuu, amit2 ntar ga perlu operasi, malah disuruh operasi. Amit2 nanti malah jadinya parah.

Opa gua dulu meninggal gara2 benjolan di tempat yang persis dengan gua. Dioperasi, malah tumbuh jadi dua benjolah di kiri kanan bekas operasi. Dokter bilang sih bukan kanker tapi sengasaranya, dia bertahan hidup lebih dari 10 tahun lho. Ngabisin duit ratusan juta sampai terakhirnya tangannya diamputasi. Serem gua, makanya gue trauma juga.

Journal Mommy Yenny on 8:34 AM said...

@ pet, nah itu dia ...
kenapa kalo nanya bisa lain lain macemnya tu vaksin
oiyaya gue lupa lo reimburse ke tempat emerson.
kaya gue pribadi sih reimburse ke kantor gue. tapi handoko ama anak2 reimburse ke kantor handoko
trus kalo tempat dia dah penuh, obat handoko yg reimburse ke tempat gue

@ elce, aduh, itu juga yg gue khawatirin kmrn kmrn
kalo disuruh cek macem2, gimana? trus kadang yg ada2 aja, juga disuruh cek
jadi banyak dan mahal
dilema juga ... moga2 benjolan tangan lo ga napa2 yaaa...

 

Mommy of twins Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare