Wednesday, July 29, 2009

A week after ilasik

Posted by Journal Mommy Yenny at 11:50 AM
Kemarin 28 Juli, pas seminggu abis ilasik.
masih agak berpendar ngeliat lampunya tapi udah lumayan senang
ga pake kacamata lagi dan ga pake softlens lagi
he he he he

Pemikiran pengen lasik sebenernya udah dari setahunan yang lalu.
Tapi gue selalu maju-mundur karena beberapa alasan:
* masih serem, ini kan operasi mata, bo. Kalo -amit2- ada apa apa, kaga ada gantinya
* kudu lepas softlens full 2 minggu atau hardlens full 3 minggu. Kapan bisa tahan pake kacamata selama itu ya?

Then, bulan kemarin, gue baca koran, ada seminar lasik.
Hm .. gue berpikir .. daripada gue mikir-mikir sendiri, mending cari info yang bener dulu ...
jadilah gue ikut seminar. Ternyata seminarnya cukup efektif untuk meyakinkan gue kalo prosedurnya ternyata aman.
Dari seminar, dikasi diskon konsultasi dokter dan diskon operasi.

Abis itu kan gue trip 2 minggu, ya kesempatan deh, selama pergi pake kacamata aja. Toh di pesawat juga kalo mau tidur, ribet banget kalo copot-pasang softlens.
Ada 2 prosedur yang ditawarkan, Lasik dan ilasik.

Lasik, masih pakai pisau (jangan dibayangin pisau dapur ..) untuk membuat flap kornea, baru pake laser untuk treatment kornea

ilasik, sudah pakai laser untuk membuat flap, then laser untuk treatment
Biaya untuk sepasang mata: lasik 15.5 juta dan ilasik 22.5 juta
Pulang trip, gue langsung jadwal pemeriksaan pre-lasik di klinik mata nusantara, kebun jeruk.

Ada 9 jenis pemeriksaan mata. Dari periksa kadar minus, silinder, webscan mata (to get the pattern of cornea's surface karena sebetulnya naturally surface memang ga rata), kadar air mata, ketebalan kornea, tekanan bola mata, foto kornea, kondisi retina dan entah apa lagi, lupa gue

Periksa dari pagi, siang selesai. Ongkos periksa semua alat itu sekitar sejutaan lebih dikit lah, ga lebih dari ceban.
Dari hasil pemeriksaan, konsultasi sama dokter mata.
mata kanan: minus 9.5 silinder 6
mata kiri: minus 8 silinder 5
kadar air mata: agak kering (kelamaan pake softlens)
ketebalan kornea: sangat baik (sekitar 620 an, ukuran normal 550-560)
retina: baik (thank God....! mata minus dan silinder tinggi biasanya rentan kondisi retina)
webscan: susah setengah mati, butuh 2 hari kerjainnya

Parah ya? makanya gue ga bisa lepas dari softlens
dan kalo di kantor tambahin pake kacamata silinder kalo mau baca

Diagnosa dokter:
dengan kondisi mata demikian, dikhawatirkan ga bisa habis di-lasik, alias bisa terjadi under or overcorrection, but mostly undercorrection. Kalo ditotal minus dan silindernya, udah jadi 15
sedangkan mesin terbatas sampai 12. Pantesan waktu webscan mata, sudah bener nangkapnya.

Untung kornea gue masih sangat tebal. Kalo tidak, lebih mengurangi harapan lagi dengan lasik.
Jadi proses lasik ini seperti ngamplas kornea pake laser. Kalo bahannya (kornea) dah tipis sedangkan harus ngamplas banyak (dari ukuran kacamata) ya secara logika susah dikerjain.

Selama konsultasi, dokter jelaskan semua konsekwensinya.

Gue udah pasrah. Selama ini toh cuma pake softlens aja tanpa kacamata silinder, gue masih merasa ok dan bisa nyetir juga. Berapapun sisanya after op, I will be very thankful.

Selasa siang jam 2.15 jadwal op
ada cek lab tambahan untuk ukur gula darah (khawatir diabetes)
1.30 dah masuk ruangan op, dikasi kimono steril, ditetesi obat mata anestesi lokal, duduk diam-diam nunggu, baru masuk ruangan tempat mesinnya.

Posisi berbaring, muka menghadap ke mesinnya (gue udah deg-degan walau ga se-nervous waktu caesar)
Mulai dari mata kanan, dipasang soft cetakan plastik supaya kelopak mata tidak nutup, sementara mata kiri ditutup kasa. Mesinnya mulai turun pelan-pelan untuk membuat flap, 69 detik. Konsentrasi liat ada lampunya. Gue sih ngeliat tapi ga berasa apa-apa, sampai cetakan dilepas. Then same process for left eye.

Udah kelar bikin flap, kepala gue digeser ke mesin di sebelahnya, untuk treatment. Dengan pinset super mini size, dokter angkat lapisan flap sementara mesin doing the treatment. 69 detik.

Treatment juga tidak berasa apa-apa cuma berbunyi kaya senapan mesin (serem yak bunyinya), setelah itu ada sedikit bau gosong. Lapisan flap ditutup tanpa dijahit, 'disiram' air steril (dicuci) dan mulai hal yang sama untuk mata sebelahnya lagi.

Total di ruangan operasi cuma 20 menit.

Abis keluar, dikasi minum dan makan roti sandwich. Karena tegang, sesudahnya koq jadi laper ya
Rasanya seperti melihat di dalam kolam renang. Jadi memang harus bawa pendamping untuk ngurus administrasi, ambil obat tetes mata, kaca mata hitam dan penutup mata untuk tidur. Thanks berat untuk bokap gue yang nemenin op dan nganterin pulang. Dah pasti ga bisa dan ga boleh nyetir sendiri.

3-6 jam pertama, mata masih agak sakit, agak perih, berat (pengen nutup terus), agak silau dan agak berpasir. Pake obat tetesnya membantu banget. Kalo ga tahan, boleh minum ponstan atau panadol, trus tidur.

Sehari pasca op, wajib kontrol

Bangun tidur, gue dah merasa baikan. Pandangan juga dah lebih jernih.
Walau blm bisa dengan jelas baca layar handphone... sampai menjelang sorenya. Cuti sehari.
hasil test : vision mata kanan 70% dan mata kiri 80%
hasil ini belum sesuai target op 80% - 90%, tapi termasuk sukses mengingat kondisi mata gue yang 'parah' before op.

Selama 1-2 minggu, pake kaca mata hitam kalau silau dan keluar rumah takut debuan. Kalau tidur, pake penutup mata, khawatir ga sengaja kena kucek. Pantang dikucek minimal sebulan ampe 2 bulanan. Ga boleh kena air paling ga 2 minggu, jadi keramas ke salon aja ya. Belum boleh spa dalam 1 bulan, belum boleh berenang dalam 2 bulan. Expect agak silau di malam hari juga, bisa sampai sekitar 3 bulan. Apa lagi ya... ?? ya gitu deh. Jadi gue cuci muka pake waslap dan pake kaca mata hitam kalo mau mandi shower. Haaa... keren banget seh.

Nanti kontrol lagi 1 minggu, 1 bulan, 2 bulan sampai 3 bulan dinyatakan final condition. Dokter bilang kalo stabil sampai 3 bulan dan kondisi mata seperti ini, dia tawarkan re-treatment free of charge (yes, op lagi) karena kornea gue masih cukup diamplas.

All of these procedures, worth it banget dijalani.

Beberapa malam setelah op, gue kadang kebangunan terkaget-kaget sendiri "waduh, gue ketiduran belum copot softlens!". Abis itu baru inget "ohya, abis operasi ya..." dan tidur lagi.
Buat gue yang uda pake kacamata sejak balita, senang banget bisa bangun pagi dan langsung bisa melihat dengan jelas, tanpa meraba-raba cari kacamata dulu.

8 comments:

Patzie on 2:51 PM said...

YEP!!! EYE is the window of everything... its worth lah!

Pertanyaan gw... krn bgn tidur seperti melihat dunia dgn jelasnya... lo brasa males melek gak? secara kan lo biasanya bangun tidur melihatnya kabur spt pake gorden transparan.. nah skrgkan ud gak pake gorden.

Mommy Axel on 3:48 PM said...

adu.. gue juga pengen, tapi mahal banget yak. wakkaa.. gue ke singapore genting malaysia ongkos plus hotel plus jalan2 ajah cuma abis 7 jutaan buat sekeluarga. wakkaa... 22,5 juta bisa buat jalan2 lagi ngajak emak gua, bapak gue, nenek gua, adek gua 2 orang plus pacar masing2. hahhahaa.... joking lhooo.

Anonymous said...

gw jg pengen lasik Yen..bedanya lasik sama ilasik apa sih?ilasik itu yg lbh canggih yah???tmn gw gelo..wkt itu cuma asal bilang mo lasik..trs akhirnya lgs bikin appointment sama dokter mata..trs abis itu lgs lasik dah...

Journal Mommy Yenny on 6:06 PM said...

@ pet,masih excited sih, blm males
Tapi kmrn tuh seger bgt mata gue
Krn di TA keluar masuk toko sambil tenteng belanjaan pula
Wah seger bener deh mata gue

@ elce, iya mendingan buat jalan jalan
Cuma uda kepaksa ajah nih
Mata dah sering sakit pake contact

@ jess, yes lebih canggih sedikit
Lasik biasa msh pake blade untuk open the flap
Ilasik dah bladeless
Advantage utk org yg parah, dulu ga bisa lasik krn ukuran mata pas pasan,
Kemungkinan bisa ilasik
Karena bladeless jadi flapnya terpotong jauh lebih tipis
Jadi masih sisa banyak korneanya untuk treatment

nomad girl on 10:38 AM said...

congrats sis....hope all will be well..

Anonymous said...

Salam kenal....Kalo boleh tau dgn dokter siapa yah di KMN Kebon Jeruk ? -Gaby-

Cicit on 3:29 PM said...

hai mba, salam kenal..
aku juga pgn dilasik di kmn..
boleh tau dgn dokter siapa mba kmrn?

thanks

Journal Mommy Yenny on 6:24 PM said...

Anonymous & Cicit:
Hai salam kenal ya
waktu itu sama dr. Vinsensius.
anyway, menurut aku, sama dokter manapun harus nya standard nya oke.
Good luck yaaa :)

 

Mommy of twins Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare