Tuesday, December 18, 2012

Pengalaman masuk rumah sakit

Posted by Journal Mommy Yenny at 1:05 PM
Hai hai...

Udah lama ga cerita soal anak-anak ya.
Di awal bulan ini, Bastian ngeluh kepalanya pusing dan demam. Gue inget itu hari Rabu. Gue pikir apa dia demam jadi pusing ya, sambil pesan ke susternya kasi tempra kalau uda lewat 38.5 C atau dia jadi ga nyaman.
Dikasi tempra, turun sih, tapi paginya panas lagi. Begitu terus sampai besoknya. Dalam hati, udah mikir, kalau sampai Jum'at dia masih panas atau pusing, mending test darah aja deh.

So, Kamis malam, Bas malah ngeluh perutnya sakit. Gue curiga apa dia typhus ya? soalnya panasnya sore menjelang malam gitu. Besok paginya sembuh. 

Jum'at pagi, setelah reda panasnya, dia masih ngeluh perut sakit. Dikasi sarapan, cuma makan roti plus selai coklat segigit, dia langsung muntah. Udah deh, ijin ke kantor, gue bawa dia ke Prod*a terdekat. Huh, yang terdekat pun, kena macet..!! karena pagi-pagi kan jam masuk sekolah dan orang ngantor ya...Jadi sepanjang jalan Alternatif Cibubur macet... *pengen jedotin kepala ke kaca mobil* Trus, kita juga selama ini uda terbiasa pergi tanpa suster, jadi...gue juga ga sadar, Bas gue bawa masuk ke mobil, cuma ambil buku dokter nya aja, trus kabur. Kaga bawa suster...

Alhasil, sepanjang jalan, dia muntah lagi dua kali. Gue tambah panik dong...dengan satu tangan, buru2 nyamber kantong plastik kosong. Selesai muntah, plastiknya ditaruh dekat kakinya. Puji Tuhan, Bas pinter banget *muji anak sendiri gapapa ya* begitu mau muntah sekali lagi, dia langsung ambil plastiknya sendiri, sementara gue masih berjuang nyelak-nyelak di tengah macet. 

Sampe juga deh ke lab tuh, trus buru-buru test darah. Untungnya lagi, masih sepi karena sekitar jam 8 pagi, cuma nunggu gak sampai 10 menit udah dipanggil test. Gue agak kebat kebit ya, karena Bas belum pernah test darah sebelumnya. Gue cuma pesen "de..sakitnya dikit koq, kaya digigit koko nyamuk aja koq" Petugas nya juga bantu bilang. kaya dihinggapi kupu-kupu *taelaaa...* Petugasnya sempet tanya, perlu dipegangin gak bu? takutnya dia refleks dan narik lengannya...Gue uda bersiap-siap dekat lengannya. Ternyata....lancar tuh...dia engga bilang "aaa.." atau "eee..." diem aja..sampai petugasnya terkesan dan keluarin serenceng gantungan kunci "hebat nih...ada hadiah..mau yang mana..??" Horeee..dapet hadiah...!

Menjelang siang, petugas Prod*a telpon gue : "orangtuanya Sebastian? hasil lab nya trombosit 188,000 bu. Normalnya 217-497 ribu. Leukosit 2.6, normalnya 5.5-15.5 dan Hematokrit masih bagus 35.2 sementara normalnya 31-43. DB nya positif. Kami sarankan langsung konsul ke dokternya aja bu"
Haiss...gue kaget dong...langsung bel RS bikin appointment sama dsa langganannya, trus telpon mertua buat nanya hasil lab, baru nelpon suami dan bos di kantor. Hihi..kenapa nelpon mertua duluan? mertua gue kan dokter gigi..paling gak ngerti lah ya soal kaya gini. Jadi gue uda konsul duluan sama mertua perlu opname apa engga. 
Then, nelpon suami. Dia pasti kaget lah...karena gue juga belum sempet bilang kalo gue bawa Bas test darah pagi itu. Gue bilang "elo pulang aja deh, kalo memang butuh opname, paling engga ada yang bantuin gue ngurus.."

Singkat cerita, gue langsung ke dsa jam 1 siang itu juga. Pas banget suami dateng nyusul ke RS. Dsa nya tanya, bastian masi bisa minum? melihat angkanya masih jauh di atas 100 ribu, dia ga rekomen untuk opname. Lagipula Hematokritnya masih bagus. Katanya selama ini orang salah kaprah, hanya melihat 1 indikator, dari trombosit saja. Dokter juga jelasin detil, siklusnya pasti turun dulu untuk trombosit di masa kritis hari Sabtu-Minggu-Senin. Setelah itu baru akan naik lagi. Mengenai dikasi makanan atau minuman tertentu supaya cepat naik, boleh aja sih, walau engga sepenuhnya benar. Kalau virusnya memang sudah mulai 'pergi' akan muncul roseola dan trombosit akan otomatis naik. Jadi, kita monitor aja. Dokter hanya kasi obat untuk mual nya dan pesan untuk test darah setiap 24 jam. Makan minum tidak ada pantangan.

Hm...gue mulai mikir dong...wah, tiap hari diambil darahnya ..kasian juga ya..tapi engga ada cara lain...

So, Sabtu pagi, suami nganter Bas ambil darah ke Prod*a lagi. Gue gak ikutan.
Kali ini, gue tanya Bas sekali lagi "de, kamu gak nangis kan tadi pagi..?"
Dia jawab "engga, mommy...tapi mbaknya itu gak nawarin gantungan kunci lagi..."
hihihihihihihihihihihi...*guling-guling di lantai*
Hasil: Trombosit 172 ribu, leukosit 2.4, hematokrit 33.3, hemoglobin 11.1

Minggu pagi, Prod*a tutup, kita ke lab RS, test darah lagi
Sekali lagi petugasnya amazed karena Bastian ambil darahnya diem azaa...
Hasil: Trombosit 135 ribu, leukosit 2.1, hematokrit 33

Senin pagi, gantian suami lagi yang cek darah ke lab RS
Hasil: Trombosit 73 ribu, leukosit 2.2, hematokrit 34
Suami langsung konsul dsa dan karena uda below 100 ribu, dsa minta dia di-opname.
Suami BBM gue dan minta gue gantian dateng siang hari. Hiks...gue di kantor uda ga konsen...mikirin pasang infusnya pasti dia nangis2 deh...
Siangnya gue ke RS Mit*a Kelu*rga Cibubur, dia uda dipasang infus dengan ganjalan bantal kecil di tangannya. Susternya dia nemenin di pinggir ranjang *untung suami ngajak suster dari pagi keluar rumah* Sus cerita : "tadi waktu pasang infus, dipegangin 4 orang, bu" Ooh..dede...kalau bisa, biar mommy aja yang gantiin di-infusnya *gak bisa ya..*
Suami cukup sigap, habis check in Bas, dia pulang lagi. Ambil baju-baju Bas, bed cover, guling kesayangan Bas dan...ipad! ^o^ 
So, waktu gue nongol di kamarnya, Bas lagi asik main ipad satu tangan dengan sus nya.

masi anteng

Gue langsung suruh sus nya pulang, biar dia makan dan istirahat. Gue pesen, abis maghrib, balik lagi bawa baju dia sendiri untuk nginep di RS. 

dinner time
Kamarnya kelas 3, isinya ber-empat. Khusus ruangan anak-anak, jadi ranjangnya bergambar, model ranjang kayu yang sisi kiri kanan nya ada teralis bisa naik-turun.
Trus, kalo opname, diambil darah tiap 12 jam *sigh* lengannya uda biru-biru *hiks*
Hasil sore: Trombosit 64 ribu, leukosit 2.4, hematokrit 35

Selasa pagi, gue cuti. Kantor ngasih cuti 2 hari kalau anak/suami/ortu masuk rumah sakit. Berdoa lebih keras kalau Bastian cepet pulih, karena gue ga tega liat diambil darahnya terus. Anaknya mah diem aja, tapi lengannya itu lho...
Tiba di RS, Bas lagi pules. Sus langsung laporan "Bas susah tidur bu, baru pules jam setengah 1. Trus ngompol 2 kali sampai basah semua ranjangnya. Juga ngeluh gatel2 bu..saya olesin cala*in"
Heh? gatel..? Pas dokternya kunjungan, baru ketauan...itu tanda-tanda baik...roseola nya mulai muncul dan dia agak gatel. Dokter bilang ke Bas "sudah mau sembuh nih..." Gue agak lega deh...semoga yaa...

Hasil pagi: Trombosit 53 ribu, leukosit 2.6, hematokrit 35, hemoglobin: 11.4
Aaahhh...koq masih turun sih...diem-diem gundah gulana sendiri sambil mikir-mikir mungkin gue kurang kasi minum..? atau kurang kasi makan..?
Siangnya mami papi mertua dan Gizel dateng nengok *thanks mi, pi...padahal Cibubur macet...ampun deh*

Seharian Selasa itu, Bas tidur 2x *ngantuk kali dia ya*

guling kesayangan dibawa terus
tapi makan/minum lumayan banyak dan dari siang sampe sore hari, bolak balik pipisnya 4x *biarlah dia banyak pipis, artinya dia cukup minum* Bas juga pinter jalan sendiri ke toilet sementara gue di belakangnya dorong-dorong selang infusnya. 

Hasil sore: Trombosit 61 ribu, leukosit 4.2, hematokrit 37, hemoglobin: 11.9
Suster RS : "bu, dokter bilang kalo mau pulang hari ini atau besok pagi, gapapa..trombositnya udah naik"
Gue: "Hm...?? gak butuh ditungguin sampe 100 ribu ya..?"
Suster: "Engga usah bu, kata dokter, kalo uda bisa naik, akan naik terus.." 
Yaaayyy...joget-joget langsung beres-beres...eehh..telpon suami dulu, minta dia beresin admin RS haha...*teteup urusan duit langsung nengok ke arah dia*

kasian liat tangannya
Bas nangis dikit waktu lepas infus *hiks* dan dipesan supaya banyak istirahat dan ambil darah serta konsul Jum'at pagi.
Jreng-jreng...selama Selasa malam-Rabu-Kamis, kita berdua deg-degan. Bas nya sih biasa aja..uda pecicilan main sama Jovann dan Luna.

Jum'at pagi
Hasil : Trombosit 224 ribu, leukosit 5.1, hematokrit 34, hemoglobin: 11.5
Yiihaaa....
Dsa nya sampe kagum "sumsum tulang belakangnya sehat banget ya...cepet naik trombositnya.." 

Aminnn...
Sehat terus ya, de... *muach*





13 comments:

borescope on 1:47 PM said...

hmmm pengalamanya seru jg hihi

debby tondo on 2:07 PM said...

kalo anak masuk RS itu sungguh melelahkan yen, lelah badan dan pikiran, apalagi kalo nungguin di rs...pengalaman waktu nungguin alden hehe

semoga Bas sehat terus ya, digigit nyamuk dimana tuh yen?

Journal Mommy Yenny on 4:19 PM said...

@ Borescope, hehehe thanks ya

@ Debby, iya Deb..padahal ga ngapa-ngapain ya, tapi kayanya capek banget nungguin nya.
Thanks Deb, entah deh kegigit di mana ya..:b

Mamana Clo on 5:41 PM said...

udah dicek blom yen kira2 bas kena-nya di sekolah atau di rumah? kalo ada kasus bisa minta semprot..

duhhh cepetan deh ya tu vaksin kelar biar ga takut lagi ama tu nyamuk2..

Rina @ Bento School Lunches on 7:39 PM said...

Yenny, I can understand a little what you have written. Poor baby and I hope he recovers soon, sending healing thoughts your way. Take care!

Arman on 2:36 AM said...

aduh sedih banget pasti ya yen ngeliat anak sakit trus mesti diambil2 darah dan diinfus gitu... :(

moga2 bas cepet pulih dan sehat2 terus ya....

Journal Mommy Yenny on 10:25 AM said...

@ Xiao, kalo menurut dsa nya, Bastian kena demam dengue, belum demam berdarah dengue. Bedanya DD dengan DBD katanya di kebocoran plasma, yg diukur di hematokritnya. Kalo DBD, biasanya angka hematokrit rendah.
Iya, gue lupa nanya tuh soal vaksin :b semoga ya...

Journal Mommy Yenny on 10:26 AM said...

@ Rina, thank you so much for your kind attention and prayer, Rin... :) God bless you abundantly...

Journal Mommy Yenny on 10:27 AM said...

@ Arman, iya Man..yang sedih mah bukan soal opname nya, tapi ngecek darahnya tiap 12 jam itu lho...orang dewasa aja diambil darah terus bisa bete ya..
Thanks a lot, Man :)

Once in a Lifetime on 10:40 AM said...

Bas anaknya ckp tangguh ya, mudah2an hbs ini sehat terus.

Journal Mommy Yenny on 1:38 PM said...

@ Elisa, thanks banget ya...

nomad girl on 12:39 PM said...

huhuhu....kacian dede.....
Semoga gak sakit-sakit lagi ya de....

Journal Mommy Yenny on 8:27 PM said...

@Icen, makasih ie ie..

 

Mommy of twins Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare