Thursday, November 25, 2010

Another business trip - part 2 the end

Posted by Journal Mommy Yenny at 4:37 PM
Sampai di mana cerita yang part 1 ya...??? Halah...begini nih kalo uda mulai pelupa. 
Begitu pulang trip, langsung deh banyak new projects menanti sementara yang lama juga kudu terus dikerjain.
So, cerita terakhir kayanya di LA ya.

Selesai di LA, besoknya hari Sabtu terbang ke Chicago, from LAX to ORD (Chicago O'Hare airport). Tujuannya untuk menghadiri exhibition sekalian meeting dengan customers di sana.

Some shots of Chicago downtown

Gue demen banget nih ke tempat exhibition ini. Ada spot yang bisa ambil foto-foto di atas.
Keliatan bagus banget ya

Soal kerjaan sih gak usah diomongin ya...
Cerita yang senang-senang aja di sini.
Soal makanan, di sana porsinya gede-gede ya. Mungkin juga kebiasaan cara makan di sana atau emang 'tembolok' orang sana ukurannya gede yah..?

contohnya nih

Kalo minumannya aja gede begini, ya porsi makanannya pasti gede juga deh

Sudah puas kerja di sana 3 hari, tgl 3 Nov pindah lagi ke Monterrey, Mexico transit via Dallas FortWorth (DFW) airport. Nah, di airport sini nih gue sempet berasa "lost"
Masalahnya begini, dari Chicago ke Dallas, gue pasti dikasi boarding pass dengan detail yang lengkap, number of gate, boarding time, seat number, dll deh, sambil ngantongi boarding pass untuk Dallas-Monterrey.
Begitu mendarat di Dallas, gue langsung melongo. Karena di boarding pass ternyata gak ada gate numbernya. Trus, gue celingak celinguk di terminalnya, gak ada tulisan "TRANSIT" sedangkan begitu tiba masuk ke terminal, bisa ke arah kiri atau kanan. 
Pertama, gue iseng jalan ke kiri sambil mikir barangkali ketemu tulisan TRANSIT, eh malah nemu tanda verboden, ternyata itu arah orang luar masuk ke terminal setelah mesin scanning bagasi.
Jadi gue puter ke arah sebaliknya. Tetep aja keliatan koq gate-gate doang ya. Akhirnya, cara paling aman adalah...nanya petugas airline.

Begitu sodorin boarding pass, dia bilang "ooohh...anda berada di terminal A, sedangkan flight anda selanjutnya dari terminal D, gate D20" langsung dikasi tau dari mana pindah terminal naik monorail.
Dalam hati gue "haiyaa..mana gue tau ada di mana sekarang dan harus ke mana" kebetulan koq kaga keliatan tulisan "TERMINAL A", lagian Dallas airport ternyata punya terminal A-E.
Ya sudahlah akhirnya jalan dan naik monorail sampai terminal D.

Di Gate D20, gue melongo lagi
Yang tertera di papan elektroniknya, bukan flight number yang gue cari.
Cek di information board for all flights, juga gak ada. Nah loo....
Tapi logika bilang, mungkin belum schedule nya, karena gue nongol di depan gate sekitar jam 14.00 dan boarding time gue sekitar jam 18.00. Sama aja kaya board di CGK, kan kejauhan jamnya kan juga belum nongol. Cuma, gue agak curiga aja, karena board mereka gede banget dan full with flight destination dari A sampe Z.
Gue gak mau cuma nunggu di situ aja, seandainya ternyata gue nunggu di gate yang salah, gue gak suka terburu-buru pindah ke gate yang benar. So, gue tanya ke informasi. 
Untung beneran tu gate di situ. Berakhir deh kisah nyasar gue karena trus gue ngider-ngider sendiri sambil makan dan window shopping.

heh, seringkali pergi sendirian tuh cengok juga yeh. Begitu liat barang bagus, ngomong sendiri dalam hati. Iyalah kalo ngomong kenceng2, kan bisa diliatin orang. Termasuk kalo bingung, dongkol, panik, dll ya komat kamit aja sendirian.

Akhirnya tiba juga di Monterrey Mexico
foto dari jendela kamar hotel
Mendarat di situ dah malem. Besoknya ya kerja lagi seharian. Lusanya baru balik.
Bos gue dan seorang US customer sempet khawatir dan sms terus selama gue di Monterrey. Masalahnya, beberapa waktu sebelum tanggal kedatangan gue, kota itu sempet ricuh, karena bentrok antar geng. Sempet jalanan diblokir pakai container kosong, jadi transportasi dan keamanan terganggu.
Bos uda sms "malam-malam jangan ke tempat sepi dan jalan sendirian ya. Takutnya kota itu belum bener2 aman" duh, bos baik bener ya :b

Nah, cerita pulangnya juga seru nih.
Flight schedule nya adalah:
Fri 15.20 - 17.40 : Monterrey - Houston
19.10 - 20.53 : Houston - LA
nyambung Sat 01.10 am - 06.30 : LA-Taipei
dan terakhir Sun 09.00 - 13.10 Taipei - Jakarta.

Ternyata salah banget pengaturan kaya gitu. Big mistake!
Gak bakalan gue ulangi lagi schedule model begitu.

Take off dari Monterrey agak ngaret 15 menit, jadi tiba di Houston uda lewat jam 18.00
trus, posisinya adalah dari outside US, so, kena antrian immigration toh. Duh, antri... walau mereka gak lelet, tapi penumpang yang mendarat kan bukan cuma flight gue aja. Gue uda deg-degan harus ngejar next pesawat within less than one hour. Pas diperiksa passport, officernya tanya kenapa koq passport gue "berkeringat". Gue bilang "I am afraid to miss my next flight". Si bapak cuma nyengir dan bilang "don't worry, we all in here miss our flights"
Dueeeehhhh....malah nambahin stress!

Yang bikin gue tambah stress, sambil antri gue tanya ke petugas bandara, dari sini harus ke mana lagi. Ternyata mereka bilang "downstairs, claim your baggage first then..drop it to bag-drop section, before to custom.." What....??? gue harus claim baggage dulu..?? mana sempet ngerjain semua itu dalam waktu sejam kurang sedikit? antri di imigrasi aja udah setengah jam. Tapi tetap harus dijalani toh?
Tambah stress karena antri di custom panjang banget. Trus kudu copot sepatu, lepas jacket, keluarin laptop...huaaaa..uda mau nangis rasanya. Begitu lepas dari custom, sambil lari-lari nyamperin ke gatenya, sampe pas jam 19.10 sambil ngos-ngosan karena narik ransel dan nenteng satu tas.

Pintu gate udah ditutup. Pesawatnya udah mulai bergerak mundur. Gue ketinggalan pesawat!
My first experience to miss a flight karena gue jauh lebih suka kepagian nongol di airport.
Petugas airline nya nyantai aja langsung bilang "I put you into next flight within 2 hrs later" Gue manggut-manggut aja..mau ngomong apa lagi...kayanya banyak juga sesama penumpang yang ketinggalan flight.

Sambil manyun-manyun nunggu boarding time, sempet kenalan dengan orang Malaysia yang sudah kerja di Houston dan nunggu same flight to LA. Jadi tukeran nomer telpon dan e-mail.

Akhirnya sampai juga di LA 2 jam lebih terlambat. Gue harus claim baggage dan pindah dari domestic terminal ke Tom Bradley International terminal. Sambil bawa 1 tas guede, 1 ransel dan 1 tas (segede tas fitness), gue naik free shuttle yang menghubungkan antar terminal. Kata petugasnya, bisa sih jalan kaki, tapi gue nyerah deh kalo sambil dorong koper gedee.

so, what was the mistake?
Seharusnya kamis malam aja, gue terbang keluar dari Monterrey dan nginap di LA, sebelum lanjutkan ke Taipei
daripada gue non-stop flight begini ke Taipei dan Jakarta.
Asli....., perjalanan pulang bikin rontok banget.

Setelah check-in, lega banget...akhirnya sampai Taipei lagi
Taipei airport, dekat gate gue, beneran demen sama HK ya


Ternyata kelegaan gue gak bertahan lama. Pas masuk terminal pun, uda ada tulisan gede "Due to volcanic eruption, flight to Jakarta is subject to delay or cancel. Please contact our staff at the gate" Duuuhhhhh......bener-bener nih...jadi beneran cancel lho... Again, my first experience to have cancelled flight.

Airline ngatur nginap semalam di hotel terdekat (5 menit naik bus) dan jumlah penumpang yang ter-cancel sekitar 47 orang. Airline atur pass immigration (karena kita semua kan gak punya Taiwan visa), claim baggage, sampai anter dan check-in ke hotel. Mereka bener2 responsible karena sampai bagikan free telephone card buat kami pakai. Bus mereka sampai harus 2 kali bolak balik karena sekali jalan, tidak terangkut semua penumpang beserta koper-kopernya.
Gue udah menganggap bagasi gue banyak, ternyata ada masih banyak orang yang bawaannya lebih banyak daripada gue...apa mereka gak kena overweight charge ya?

Mulai dari airport, 47 penumpang ini jadi kenal-kenalan, ngobrol-ngobrol dan beberapa jadi akrab. Gue sendiri jadi punya beberapa teman. Ada yang sebaya, ada yang sudah punya cucu.

Well, kebesokan harinya baru deh beneran terbang ke Jakarta.
Harusnya sampai hari Minggu, jadi sampai hari Senin.
Kerepotan kembali terjadi saat ngangkut dari hotel ke airport, busnya ya bolak balik lagi :)

Yang lucu, gue sempet telpon ke rumah, setelah dikabari cancel, dan yang angkat Jovann.
Me: "Jov, mommy gak bisa pulang hari ini...pulangnya baru besok"
J: "oh, kenapa mommy?"
Me: "pesawatnya gak bisa terbang karena ada gunung api meletus"
J: "ada gunung meletus...??"
Me: "iya jadi banyak asepnya"
J: "ngg...*suaranya agak bingung* maksudnya kalo terbang, bisa ketabrak gunungnya...?"
Me: *antara mau ngelurusin fakta dan mau cepet2 kelar interlokalnya* "nggg...iya!"

Ah, home sweet home...

....Until next trip....

10 comments:

Arman on 2:20 AM said...

huaaa seru... pake ada ketinggalan pesawat segala. hhehee.

lu ke mexico nya sendirian ya, padahal pas di US bareng bos lu kan ya?

tapi positive side nya jadi dapet kenalan2 ya yen... :)

Pinkbuble on 8:07 AM said...

Dikau kerja di bidang apa Yen? Nanti kalo sampe balik indo..ikutan apply di kantor lu ah kalo pas ada lowongan ..:)
*kepancing business trip US- ngarep pol!

ashleyprincess on 11:25 AM said...

hahahaha lucu aje commentnya jojo :) iya home sweet home ya yen, apalagi ud ditungguin ama 3 bocah lucu..pasti kalo abis jalan2 gitu kangennya pol yah.
*tapi tetep aja gw mupeng ngeliat bus trip lu* hehehe

Journal Mommy Yenny on 8:08 PM said...

@ Arman, hehehehe ketinggalan pesawat serunya setelah lewat kejadiannya
pas ngalamin sih gondok :p
Iya nih, nerusin sendiri ke mexico
di LA sebenernya jg sendiri sih, makanya wkt itu pengen ketemu elo, soalnya dah tau gak bakalan "digerecokin" hahahhaa

@ pinkbuble, gue marketing El
hahahaa..boleh :)

@ Mae, iya tuh si jojo lucu
he eh..kangen sih, tapi selama gue pergi, gue gak kebiasaan nelpon2 ke rumah, percayain sama bapaknya aja :b

Ah Boy and Ah Girl's Mom on 9:08 AM said...

wuuuiiih rusuh banget jadwalnya pake acara ketinggalan flight, cancel flight. ngebayangin lari2an sambil nenteng2 koper. hahaha...

Journal Mommy Yenny on 10:18 AM said...

@ Lena, iya rusuh, Len...
untung kaga pake acara ketinggalan bagasi dari airline *amit2 sih tapi soalnya dulu pernah* kalo itu juga kejadian, komplit dah...wakakakaka

kartika on 7:14 PM said...

Yen...elo ditugasin kantor ke amrik sendirian? berani juga ya...

Journal Mommy Yenny on 4:34 PM said...

@ Kartika, kebetulan gak selalu sendirian koq
di Chicago sih ada bos gue, tapi di kota lainnya, gue emang sendirian
makanya sutris waktu ketinggalan ama cancelled pesawat hahahhahaa

Anonymous said...

Seru banget kalo jalan2 sendiri gitu... *ngerasain pas peertama ke US, clingak clinguk sendirian.. qiqi, ...

Journal Mommy Yenny on 11:16 AM said...

@ Anonymous, thanks ya... Hehehe iya pertama kali pasti celingak celinguk ;b

 

Mommy of twins Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare