Thursday, July 8, 2010

Dilema lagi

Posted by Journal Mommy Yenny at 2:57 PM
Hari ini lagi rada rada dilema nih.

Kejadian dimulai dari kemarin, mbaknya Jovann minta pulang karena dia sakit tipes
udah test darah segala
ya, gue suruh pulang lah, kasi dia libur seminggu
jadi gue bagi kerjaan jaga anak2 (mostly) dengan susternya bastian
sementara mbak satunya lagi, nyapu ngepel cuci gosok gitu deh, karena ini mbak baru dan anak-anak belum mau sama dia

nah, tadi pagi, gue mandiin Jovann
lihat pundaknya ada bulatan kecil, warna biru, kaya bekas kejedut gitu
Refleks gue tanya dong sama jojo, kenapa pundaknya
trus dia jawabnya begini "iya, abis dicubit sama mbaknya dede"

duh..

trus, selesai mandi, gue tanya donk ke sus bastian
"sus...ini kena apa ya.." pake nada datar alias baik-baik
sus kaget dan bilang "engga tau, bu.."
then jojo langsung bilang "kan dicubit sama mbak dede.."

sus nya langsung nyamber kaget "eh, jangan ngomong begitu..kapan mbak cubit jojo"

nah, dari sini dilema dimulai
untuk langsung percaya sama jojo, agak sulit juga karena jojo uda sempet berapa kali ketauan ngomong "gak betul"
termasuk bilang ke gue kalo daddynya cubit, padahal kaga
tapi, secara long term, gue gak mau dong bikin kesan seolah jovann percuma aja ngomong sama gue karena gue gak percaya
nanti kalau keterusan selalu gak ditanggapi, dia bakal jarang ngomong atau anggap dicubit/lainnya (bila BENAR) itu sesuatu yang wajar

trus, gue masih tanya lho ke jovann "jo, bener gak, kalo emang mbak gak cubit, jovann gak boleh bilang cubit"
dia masih nyam nyam nyam aja mengunyah makanan dia.

Pundaknya gue obati lalu sus ternyata dah nangis2 sendiri bilang "saya gak mau urus jovann bu"
ya gue bilang "kalau kamu gak cubit, kamu gak usah ngambek gitu dong ..?"
Justify Full*sigh* udah mabok harus nanggapi apa
sus bilang lagi "kalo dulu emang saya yang jewer dede bu tapi sekarang jovann gak saya apa-apain" masih sambil nangis
yailah...gue serasa punya anak ke-4
di tengah kepusingan gue bilang "saya kan gak nuduh kamu"

masih berharap mungkin biru nya karena bercandaan kejedut sesuatu

Jadi dilema kan
kalo anak kenapa-kenapa, masa gue gak tanya? dianggapnya gak perduli, ntar jadi kebablasan atau dimanfaatkan situasi demikian
Kalo bertanya ke jovann, harus kapan gue percaya dan harus kapan dianggap itu bagian dari kreatifitas dia aja?
kalo percaya, gimana kalo memang anak 'white lie', trus langsung ganti-ganti mbak gitu? ada kemungkinan gak anak kecil bisa 'manipulasi' orang dewasa?
kalo gak percaya jawaban anak, hati kecil berkata 'masa anak sendiri gak dipercaya' dan khawatir pihak lain merasa bisa apa-apain anak kita karena kita anggap omongan anak angin lalu?

Does it makes me a bad mom because I do not know to answer? aaaaarrrrrgggghhhhh

Jadi keingetan
ada yang pernah bilang, anak tambah besar, sebetulnya bukan tambah mudah
waktu mereka bayi, kita menganggap repot karena mereka pipis dan po*p tanpa terkontrol, nangis terus gak jelas maunya, bangun dan tidur sesukanya
dan kita berharap mereka cepat gede.

sekarang mereka mulai gede, masalah nya lain lagi

*speechless*

9 comments:

Anonymous said...

hmmm,emang bikin dilema ya yen...

jd inget anak2nya bos gue, dulu kan gue kantornya masih di rumah bos jd tiap hari tau banget kelakuan anak2nya yg suka ngadu ga bener ke ortunya dan ortunya (terutama istrinya) selalu percaya sama omongan anaknya tanpa disaring terlebih dahulu, jd pembantunya pada ga betah hihhihihihih

nomad girl on 4:05 PM said...

waduh,..ini sih gue no comment deh,..blm jadi nyokap2,..hopefully other ibu2 bloggers bisa membantu...atau coba tanya di majalah anak....

Patzie on 4:42 PM said...

iye yeh... bingung juga!!
well kenapa gak ditanya ke luna? secara dia kan selalu bermain bersama. n biasanya dia gak pernah boong kan? *am i rite?*

Arman on 11:41 PM said...

iya ya dilema kalo begitu... emang anak tambah besar ada aja masalahnya... beda lagi beda lagi...

kalo pas ditinggal ngantor gak ada keluarga yang bisa bantu ngawasin ya?

Journal Mommy Yenny on 11:35 AM said...

@ debby, iya thanks deb..as u said, gue dengerin kata hati gue deh

@ icen, that's ok...thanks sis

@ patzie, udah gue tanya luna.
dia bilang "ummm...?!?!" sambil bola matanya puter-puter. Gue mengambil kesimpulan "mungkin tidak" krn kalo emang iya kejadian, luna pasti langsung bilang yes.

@ arman, iya man
sebelum di sini, gue tinggal sebelah mertua. jd ada yg bantu liatin. demi mencari rumah yg lebih gede and better environment, makanya pindah ke sini.
semoga dpt solusi deh ke depannya *semedi dulu*

Once in a Lifetime on 1:54 PM said...

Dilema benar ya? Coba kalau lagi mood enak diceritain cerita anak yang suka teriak serigala padahal serigalanya gak ada dan yang terakhir beneran serigalanya datang, gak ada yang percaya lagi.

Soalnya anak seumur Jovan belom tll ngerti konsekuensinya dan masih suka asal cerita aja, mudah2an dengan contoh2 dia bs lebih ngeh.

Journal Mommy Yenny on 7:18 PM said...

@ elisa, iya thanks el
emang kayanya dia masih suka 'asal' ngomong aja

Selvi on 8:21 AM said...

yen, nanti sambil main, elo tanya jovann sekali lagi kenapa bisa biru pundak kamu?

Journal Mommy Yenny on 5:56 PM said...

@ selvi, iya sel
nanti ya tunggu dia agak 'lupaan'
thank you

 

Mommy of twins Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare