Monday, May 17, 2010

PR #11: Ikan tim ala Hong Kong

Posted by Journal Mommy Yenny at 2:18 PM
Dari kemarin2 mau posting, belum sempet2 juga

Bahan
:
1 ekor kerapu
1 sdm air jeruk nipis
1 sdm garam
2,5 ruas jahe iris tipis
3 batang daun bawang kecil, potong 2

3 sdm myk goreng panaskan (optional, kalau mau makanan sehat tidak usah pake)

1 sdm irisan jahe tipis panjang 5 cm
daun bawang ambil bagian putihnya suwir2

daun ketumbar secukupnya


Bumbu utk saus ikan

4 sdm kecap asin
1 sdm gula pasir

2 sdm air
merica bubuk secukupnya

Cara membuat:

1. Lumuri ikan dengan air jeruk nipis dan garam, diamkan kurang lebih 10 menit, cuci dan tiriskan.
Beri 2-3 keratan pada daging ikan

2. Letakkan daun bawang dan jahe dalam wadah tahan panas, susun ikan di atasnya

3. Didihkan air, kukus ikan dengan api besar selama 15 menit hingga matang, angkat.

4 Buat saus : campur bumbu utk saus dan masak hingga mendidih
5. Tempatkan ikan kukus di atas piring taburi irisan jahe dan daun bawang.
Panaskan minyak siram ke atas ikan, siram saus juga di atasnya.
Hidangkan dengan daun ketumbar.


Sumber : Variasi Menu 30 Hari Masakan China oleh Mary Winata
Terbitan Gramedia


Di rumah sih sering ya bikin ikan tim...dan anak-anak selalu doyan
Entah kenapa, koq gak nemu ikan kerapu di supermarket dekat rumah ya, jadi diganti bawal.
Gue juga gak pake daun bawang dan daun ketumbar, karena anak2 gak suka

hasil masakan



Luna dan Bastian sudah pasti doyan, tapi Jovann paling doyan bergaya ala kucing
digeragotin tulangnya sampe licin.
Kebetulan makan di foodcourt GI, kita semua sampe nungguin dia kelar.
begitu ternyata kaga kelar2...kita semua bilang "sudahlah jo...relakan aje deh..."



keliatan kan tulang ikannya sampe kurus begitu...?? xixixixi

6 comments:

once_alifetime on 3:21 PM said...

Oh, anak2 pada senang ya? Kirain umur segitu demen yang goreng2 (ingat masa kecil sendiri) he..he..

Journal Mommy Yenny on 3:29 PM said...

@ Elisa, hehehehe...kebetulan anak2 termasuk golongan omnivora (=pemakan segala)..gorengan juga doyan...hahaha

mamana clo said...

gw belom pernah nih beli ikan utuh yang masih ada kepalanya.. kalo beli yang utuh gitu, dalemannya buang sendiri ato udah dibersihin ama yg jual yah?
Terus sisiknya bersihin sendiri-kah?

Journal Mommy Yenny on 6:57 PM said...

@ mamana clo, kalo beli di supermarket, bisa koq minta mas nya bersihin semua (daleman + sisik) jadi pulang tinggal simpan atau masak.

ashleyprincess on 7:23 PM said...

khusus resep ikan tim, gw kaga ngikutan bikin..ga doyan :( waktu dulu hamil doang, karena katanya bagus, bela2in makan ikan tim, walaupun susah ketelennya krn ga suka..

tp kayanya si ashley harus gw mulai kenalin ikan tim deh, biar doyan en ga bablas kaya gw.. soalnya kan gizinya bagus bgt ya..

Journal Mommy Yenny on 11:36 AM said...

@ Mae, iya bener sih
ikan emang gizinya bagus, trus di-tim pula
kalo digoreng mulu, ntar cuma suka gorengan doank :-) hihihi namanya juga anak kecil ya...di rumah gue jg suka ngerem2 gorengan, kalo gak gawat, ntar pada sering sakit leher..kalo takut amis, jeruk nipisnya banyakan deh
selamat mencoba yak

 

Mommy of twins Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare