Monday, March 15, 2010

PR #4: Puding hitam manis + nasi goreng kunyit + jamur krispi

Posted by Journal Mommy Yenny at 11:41 AM
Jangan diperhatiin judulnya
PR nya cuma puding koq.

Hari sabtu memang hari yang pas buat masak *kalo lagi gak males...*
Lagipula hubby suka pergi ngurusin kerjaannya.
Pagi gue dah bikin sarapan sendiri, salad. Trus sambil siapin makan siang anak, sup ceker
Sambil pula bikin nugget ayam+udang, buat bekal hari senin.
Ternyata Luna minta dibikinin pasta cartoon campur sayur+telur.
Abis masak, pasta, dah jamnya gue makan siang, bikin nasi goreng kunyit
Terakhir, emang dah niat bikin PR, puding oreo...!
huah...kelar maraton masak gitu, langsung tepar...
Resepnya neh...

Puding hitam manis

Bahan:
1 bks agar-agar putih
600 ml susu cair
100 gr gula pasir
1/2 sdt vanili bubuk
biskuit oreo, 1 keping untuk tiap cetakan,
atau 6 keping dihancurkan

Saus:
250 ml air
1 sdm coklat bubuk, cairkan
75 gr gula pasir
1 sdm tepung maizena, larutkan dengan sedikit air

Cara:
1. Campur susu, gula pasir, vanili bubuk, agar-agar
aduk rata. Masak sambil diaduk sampai mendidih. Angkat

2. Taruh 1 keping oreo di dasar cetakan, tuang sedikit
adonan susu, tunggu agak mengeras baru tuang lagi hingga
cetakan agak penuh. Biarkan dingin dan mengeras

3. Larutkan air, coklat bubuk, gula pasir dan masak hingga
mendidih. Masukkan maizena, aduk hingga mengental.

4. Puding siap dinikmati dengan sausnya

note:
gue pakai cetakan pyrex 4 buah dan cetakan cupcake kecil 6 buah
yang paling doyan adalah Luna.
Tanggapan Bas oke.
Jovann cuma makan satu, cobain doang basa-basi.
hubby juga makan. Semuanya bilang enak
Luna malah langsung nambah porsi ke-2. Waktu dia lihat bapaknya dikasi yang porsi gede (pake pyrex) dia protes kenapa dia punya koq kecil.

resep aslinya tidak pakai susu cair, tapi pakai 5 sdm susu bubuk + 600 ml air.

Nasi goreng kunyit

Utk 3 porsi
Bahan
600 gr nasi putih
2 siung bw putih, cincang kasar
1/2 bw bombay, iris halus
2 bh cabai merah keriting, cincang halus
50 gr udang kupas kecil
1 bt telur, kocok lepas
50 gr ayam suwir
1/2 sdt kunyit bubuk
75 gr kacang polong
1 sdt kecap asin
1 sdt gula pasir
1/2 sdm garam
1 bt daun bawang, iris halus
1 sdm margarin utk menumis

cara:
1. Panaskan margarin
Tumis bwg putih, bw bombay dan cabai merah sampai harum. Tambahkan udang kupas. Aduk sampau berubah warna. Sisihkan di pinggir wajan.
2. Masukkan telur. Aduk sampai berbutir. Tambahkan nasi putih dan ayam suwir. Aduk rata.
3. Masukkan kunyit bubuk, kacang polong, kecap asin, gula pasir dan garam. Masak sambil diaduk sampai matang. Tambahkan daun bawabg, aduk rata.
4. Sajikan nasi goreng dengan kerupuk kanji dan bawang merah goreng.

Jamur krispi

Utk 6 kg (60 bks)
Bahan
4 kg jamur tiram, dipotong2
4 ltr minyak goreng utk menggoreng

Bahan pencelup (aduk rata)
400 gr tepung terigu protein sedang
65 gr tepung sagu tani
10 gr baking powder
2 sdt kaldu ayam bubuk
1 sdt garam
1 sdt merica bubuk
15 gr bwg putih bubuk
1 ltr air

Bahan pelapis (aduk rata)
1600 gr tepung terigu protein sedang
240 gr tepung sagu tani
30 gr baking powder
30 gr kaldu ayam bubuk
15 gr merica bubuk
2 sdt garam

Cara
1. Celup jamur satu per satu ke bahan pencelup, gulingkan ke bahan pelapis
2. Goreng dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sampai matang dan kering

note: resepnya banyak, karena buat orang jualan.
kalo bikin sendiri, resepnya dibagi aja kali ya

Pasta cartoon

anak-anak demen karena bisa makan sambil ngeliatin bentuknya

12 comments:

Maria Henny on 2:53 PM said...

hi.. yen.. gue henny salam kenal yah.. Gue juga peserta game masak, puding nya enak yah.. Gue tertarik sama nasi goreng kunyit u tuh, enak kayaknya, soalnya jarang masak juga nasi goreng kunyit.. Ntar gue intip yah resepnya yen tq..

debby tondo on 3:09 PM said...

hebat euy, masakannya banyak... ngabisinnya ga tepar kan Yen?

mamana clo said...

pasta cartoon-nya lucuuu.. beli dimana bu?

nancy on 3:43 PM said...

wwuuaaa....*senangnya* dimakan juga pastanya...yg doyan paling si luna ama bas ya? jojo ngak gitu suka pasta kali ya?

Bentuknya masih lumayan bagus yah,..gue kirain setelah dimasak jadi agak ngembang dan bentuknya jadi gak beraturan.

Journal Mommy Yenny on 5:27 PM said...

aarrrrggghhhh...capek-capek ngetik, error...
mulai lagi...

@ henny, moggo, tu resep dari tabloid saji koq
salam kenal juga ya.
enak koq, laki gue dah makan sabtu sore, eh minggu malem minta dibikinin lagi

@ xiao, dibawain adek gue dari singapore
mau titip? gue juni ke sono lagi

@ debby, kaga tepar deb...kan gue cuma makan salad, nasi goreng ama puding
sisanya makanan anak2
yg namanya anak kecil, ternyata banyak ya makannya...selain makanan gue, mbaknya juga masak makanan pagi dan siang. dimakan semua, lho...gue sampe berasa kayanya koq makan mulu ya..?

@ icen, udah dimasak dari kapan2 koq
cuma baru difoto sekarang he he he
bas yang kurang suka, mungkin males ngunyah karena agak kenyal.
bagus koq bentuknya, cuma agak gedean aja sizenya setelah direbus

美鈴 &彩香 on 6:32 PM said...

pasta cartoonnya lucu juga..hehehe
resep pastanya donk...cocok buat ank2 yak

once_alifetime on 5:20 PM said...

Wow.. gua masak puding satu macam aja berasa udah capek lho, jadi malu baca kegiatan elo seharian.. he..he.. kayaknya harus banyak berlatih lagi. Thanks resepnya si Denzel doyan banget puding hitam manis:)

twinsmommy on 12:33 PM said...

Yen, jamurnya crispynya bisa lama ga? Btw thanx buat resepnya

Pudingnya bagus, aneh ga tuh yah oreo ga diancurin nyampur di puding? Yg g punya di ancurin aja keliatan kayak coklat tapi pas dimakan rasa biskuit hehehe.

@Xiao kemarin g baru beli pasta animal sih bentuknya di C4 Puri mungkin C4 lain ada dah....

Journal Mommy Yenny on 1:25 PM said...

@ Elisa, wahh... ini mah bukan kejadian tiap minggu lho...kebetulan aje he he he..
wah, bagus deh kalo denzel doyan ya..

Journal Mommy Yenny on 1:28 PM said...

@ liz, wah, gue jg gak tau
gimana kalo lo coba he he he
pas dimakan sih oreonya udah lembut kaya puding, kaga keras lagi.
iya, enak...gue mau bikin lagi ah

mamipapa on 2:28 PM said...

hi yen...met kenal yah :)

gw udah masak puding resep elo neh, anak gw doyan banget hehehe...btw blognya gw link yah ..

Journal Mommy Yenny on 3:53 PM said...

@ mamipapa, salam kenal juga...oke
enak ya...hehehehehe anak kecil pasti doyan
orang kantor gue cobain jg doyan koq

@ syl, ehm, gue kaga pake resep khusus
buat masak pastanya kan? bukan bikin pastanya ya?
cuma rebus pastanya (buat 3 anak gue masukkin 3 genggam), tuang 1 sdt minyak dan masukkan garam sedikit di air rebusan.
kira-kira kenyal, ditiriskan, disiram air dingin, sisihkan.
Trus di wajan, panaskan mentega secukupnya, masukkin bawang bombay dan bawang putih iris
masukkan telur, diaduk2 berbutir,
masukkan pasta tiris tadi
masukkan sayuran beku
tabur garam dan lada.
beres deh....enakkk...

 

Mommy of twins Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare