Thursday, July 9, 2009

Shinkansen

Posted by Journal Mommy Yenny at 9:51 PM
Day 4
Hari ini naik Shinkansen ke Osaka, meeting sama customer
Dari hari selasa dah beli tiketnya
sebenernya sih beli on d-day juga boleh
cuma, gue takut susah nyarinya. Pikir, daripada telat, mendingan jaga-jaga sendiri
kalo dah ketauan letak loket dan entry gate dimana, ternyata gampang banget

Gue naik Nozomi
this is superexpress train dari Tokyo to Shin-Osaka
only stops in Shinagawa, Shin-Yokohama, Nagoya, Kyoto dan Osaka (final destination)
kurang lebih 2.5 jam saja. Ongkos, berapa ya, sekitar JPY 13,200 one way, kalo ga salah.
Selain Nozomi, ada juga Hikari dan Kodama
bedanya Hikari lebih lambat karena lebih banyak stop dari pada Nozomi (bisa 3 jam arrival) dan Kodama yang paling lama, stop di semua stasiun.

Shinkansen cepet banget, apalagi Nozomi, bisa almost 500 km per hour.
tapi jangan dibanyangin kaya naik KRL
keretanya smooth banget, kaga berasa gajruk-gajruk.
selain itu bersih bener, toiletnya aja setara dan setipe dengan toilet pesawat terbang.
kursinya ada yang berdua atau bertiga
lumayan lah jarak kakinya lega
kursi bisa recline buat tiduran, di hadapan kita ada tray lipat, ada waitress yang mondar-mandir dorong tray nawarin beli makan-minum, persis lah kaya bangku pesawat ekonomi.

Pengalaman naik Shinkansen sih mirip waktu gue naik fast train TGV di Perancis.
Bedanya shinkansen masih lebih cepat sedikit dan jadwalnya jauh lebih banyak available.

Gue berangkat jam 8.23 am, sampe jam 11.00 am
serasa beda banget di gambir, suka di-peluit-in kalo mau berangkat
kereta di sini, kalo dah jamnya ya jalan aja
saking halusnya dia jalan, kadang ga ngeh kalo ternyata dah berangkat.
dianggapnya orang-orang bisa baca jam, tau kapan harus naik kereta

anyway, tiket untuk satu kali pergi seharian, kaga tertera jamnya
lucunya, jadwal tiap kereta banyak banget
misal nozomi, berangkat 8.03, lalu 8.12, diseling Hikari 8.17, diseling nozomi lagi 8.23 dst, mungkin kalo office hour jadwal kereta lebih banyak
tapi tetap aja gue perhatiin, dalam sejam banyak koq yang berangkat ke tujuan yang sama
(Shinkansen ga cuma ke Osaka)
gue ama bos sampe tebak-tebak kancing, mau naik yang jam berapa...?

selain itu, ada tiket untuk reserved seat dan non reserved seat
tentu yang reserved seat lebih mahal dikit
non reserved cuma ada di gerbong 1-3
yang reserved di gerbong 4 sampe ... ehm berapa ya ... kaga perhatiin, 12 kali ya
ada gerbong smoking sendiri, jadi kaga gabung yang non smokers
lucunya, ditulisin "handphone in silent mode"
mungkin biar ga ganggu orang yang lagi tidur, kaya gue...??? hahahahhaa
jadi kalo orang mau pake hp, biasanya mereka ke area toilet dan vending machine, untuk ngobrol. Dah kelar baru masuk duduk lagi ckckckckck ...

Kelar meeting, balik lagi ke Osaka station naik taxi
nah, di sini nih letak careless nya bos gue
abis bayar taxi, dia ga ngeh kalo ternyata hp dia jatuh di lantai taxi
kita langsung beli tiket dan naik kereta, trus langsung berangkat pula, karena memang dah jamnya jalan.
pas duduk baru dia mencari-cari dan sadar tu hp kaga ada.

akhirnya tiba di hotel, cobain telpon perusahaan taxi yang ada di bon taxi tadi
thank God, si penerima telpon langsung bilang, hp nya ada dan mau dikirimin tiba di hotel Tokyo hari sabtu besok.
waduh ... only happens in Japan neh
tadinya kita dah pasrah tu hape hilang dah.
bukan masalah hapenya, tapi nomor-nomor di phonebook itu lho yang bikin ribet

tidur deh
besok kerja lagi ... aarrrggghhhhh!

6 comments:

Mommy Axel on 9:31 AM said...

waaa... deket ama tempat adik gua tuhhh... Ngiler gua kalo inget dia. Wakakaa... Bukannya apa, gue ngiler ama nori. Xixixi.. gue udah titip nori banyak banget ama dia. Kangennn... Pengen cepet2 August, soalnya dia udah beli tiket tgl 15 mau pulang.

Lu kapan balik? Gue mo bikin gathering nihhh, cuma masih bingung kapan.

Journal Mommy Yenny on 8:05 PM said...

@ elce, lhaaa.. emang adek lo di mana sih? di tokyo apa osaka?
gue balik tgl 17 malem say
jgn gathering tgl 18 atau 19 ya
ada kondangan
gathering di mana?

Anonymous said...

huahahaha...gr" jamnya itu Yen...gw ilang..hehehe...gak ilang sih sbnrnya..tp kan gw sama BK n kluarga gw..nungguin shinkansen yg jam 1.20 kl g slh..kita tuh nyampe sana jam 1.15an...ada shinkansennya..kluarga gw maen masuk ajah..trs pintunya ketutup..mana BK ada di platform depan lg...akhirnya gw ke information...gw bilang..i think i missed the train...orgny malah bilang "misto??"..maksudnya mr donut..akhirnya gw telp BK..untung ketemu..hehehe

Journal Mommy Yenny on 7:50 PM said...

@ jess, hihihihi ...
jgn jgn waktu itu pengalaman pertama lo sekeluarga?
kalo gue jadi lo, panik juga lah gue
hahahahhaa

Patzie on 11:41 AM said...

Hihi.. liat pengalaman lo semua ke jepang tuh bener2 seperti ke dunia laen yah...dari bahasa, kebiasaan n peraturan bener2 kayak anak kecil baru masuk sekolah...*bingung mode on*

Kalo ke negara eropa, america or antartica pasti gak norak kayak gini yah...ehehhe.
Tetep aja gw NGIRIIIIIII!!!! hahaha *ikut2an double kuadrat pangkat 10n*

Journal Mommy Yenny on 10:35 PM said...

@ pet, jadi berapa tuh double kuadrat pangkat 10n ??? :-D

 

Mommy of twins Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare