Friday, April 4, 2008

obrolan antar perempuan

Posted by Journal Mommy Yenny at 9:25 AM

bukan obrolan antar ibu, karena ngobrolnya ama adek gue yang masih single
as usual, dia suka nelpon dari singapore dan mau ngobrol ama Luna and Jojo
masalahnya dia ngebel malem jam 9 lewat, ya dah tidur lah mereka
jadi lanjut ngobrol sama gue
udah ngalor ngidul ke sana ke mari
dari soal kerjaan masing2, soal parents and siblings, gosip2 terkini
termasuk nyenggol soal anak2, luna jojo sebastian
belakangan ini, gue semakin berasa effect of terrible twos
tu anak2 bandeeeeelll banget walau sebenernya lucu2 juga.
jojo lebih terasa bandel secara fisik karena dia laki-laki
pas liat kelakuan bandelnya, gue sampe suka bisik2 sama sebastian
"inget2 ya..kelakuan kaya gini jangan dicontoh... ini namanya bandel"
sebastian cuma nyengir lebar aja
lebih mungkin karena kupingnya kegelian dibisiki
kalo luna lebih ke bandel model "cewek"
suka ngambek dan nangis kalo maunya ga dituruti
I call it semi tantrum (walau yakin kaga ada istilah demikian)

alhasil, kemarin gue ngobrolin soal ini juga sama adek gue
katanya jadi parents sekarang kudu pinter
then gue juga ga keberatan cari sumber ke sono sini buat bahan bacaan
anyway, in my opinion, kepinteran juga bisa bikin pusing
coba aja deh contohnya, this terrible two issue
gue pernah sengaja browse and found article kenapa anak suka melempar barang
juga dapat article kenapa anak suka menggigit
well, setelah gue understand the reason why, gue juga pengen tau cara handlingnya toh
ternyata, solution yang ditawarkan make sense secara teori tapi bubar pas di lapangan

Ngeliat mereka ngelempar barang atau gigit, gue -otomatis- nangkap tangannya
dan mulai ngomelin (dibaca: ngasih tau)
ngomel nya udah diusahain pelan2 sambil menahan emosi (biar suaranya ga kenceng)
tapi tetap aja kudu melotot
biar kata hubby mata sipit gue ga bisa melotot, tetap aja rasanya kurang afdol
kalo kaga nyetel mata sampe pol
Ntar setelah ngomel, pasti nyesel.
kata literatur, tindakan kenakalan tertentu kalo semakin diomelin malah semakin
dilaksanakan, karena mereka merasa dikasi attention by doing misbehaviour.
padahal gue udah ngurut2 dada
seperti kasus hari minggu kemarin, lagi di dalam mobil, jojo buka gelas tupperware
isi air dan ditumpahkan ke dashboard mobil.
problemnya, dia sering sekali ngerjain hal demikian
di rumah juga demen ambil gelas isi air, dibuka tutupnya dan dibalik tumpah
nah, balik lagi ke literatur, dibilang mereka merasa excited soal kemampuan baru
tersebut, yang melibatkan koordinasi tangan dan mata. Jadi dengan dibilangin,
lama kelamaan, mereka akan mengerti
huuuh... rasanya udah dari seabad lalu jojo suka melakukan hal itu malah sekarang
gue lihat udah expert tuh...tapi koq belum sadar juga if that's not the right thing to do
so, untuk kasus tadi, ya...gue ngomel lagi sambil memberi hukuman duduk di pojok (walau
ga bisa lama juga), at the same time feeling guilty.

Dengerin lagi ngomongan mami gue.
katanya anak jaman sekarang jangan terlalu banyak dilarang-larang
mau pegang apa ga boleh, mau ke sini sono juga ga boleh
huaaaaaa ... padahal nyatanya, seperti kata Jerry Seinfeld (kalo ga salah inget)
punya anak usia 2 tahun, seperti mem-blender food / drinks tanpa tutup
silakan dibayangin sendiri ....

That's why secara bercanda gue juga bilang ke adek gue, koq makin banyak baca
gue makin pusing ya... bingung handling anak sambil synchronize between theory and practice
kesimpulannya, buku bacaannya apa anak gue yang ke-canggih-an yak

1 comments:

nomad girl on 1:49 PM said...

haha,....gue tambahin,...nonton film2 ttg anak2 kyk misalnya "Nanny McPhee" etc..

 

Mommy of twins Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare