Sunday, June 3, 2007

Pilek dan batuk anak-anak

Posted by Journal Mommy Yenny at 8:41 PM
2 weeks ago, Jo demam dan pilek. Selama 3 hari pertama, gue cuma kasi banyak minum air putih, air rebusan jahe, banyak istirahat dan kompres air panas. Kalo panas banget, baru kasi tempra. Maunya sih bertekad kuat ga mau kasi obat-obatan, baik obat dari dokter atau obat bebas. eh, di hari ke 4, udah ga tahan. Jo meler terus hidungnya. Actually, it's a good sign ya. Kan artinya pileknya mulai mencair. Hu..hu..hatiku yang ga tega liat dia susah napas dan susah tidur. Akhirnya dengan terpaksa, dikasi Nipe. Langsung baikan sih, hanya dengan minum satu hari aja.

Terus, hari kamis kemaren ini, dia demam lagi. Langsung agak tinggi sampai nanny-nya panik. Gue juga panik dengernya. Seharian muntah sampe 5-6 kali. Memang banyak keluar lendir juga, tapi khawatir dehidrasi, gue kasi pocari sweat. 20 ml larutan pocari dicampur dengan air sampe sekitar 120ml di botol dotnya. Masalahnya, pocari sweat 1 sachet dibikin segelas (seperti takaran orang dewasa), dia ga mau. Katanya asem. Campuran pocari dan air itu juga masih susah sih ngasihnya. Hingga hari jum'at masih aja turun naik kalo dikasi tempra plus bye-bye fever. so, hari Sabtu gue kasih Nipe baru langsung baikan.
Haah...dari yang gue denger dan baca, demam dan pilek kan akibat virus. Itu bisa dilawan dengan daya tahan tubuh sendiri. Tujuan kita untuk meningkatkan daya tahan tubuhnya aja. Well, hal ini yang suka bikin gue dan daddynya ribut. Daddynya selalu minta gue kasi obat atau bawa ke dokter, begitu anak2 bersin atau batuk.

Begitu kamis ini Jo demam, Luna juga batuk, walau ga sering. So, gue practice home remedy itu buat mereka berdua. Memang beda anak, beda kondisi. Luna pelan2 sembuh tanpa obat batuk. Walah....
That's why, gue ga terlalu khawatir kalo Luna yang sakit, tapi begitu Jo yang sakit, rasanya panik. Belum lagi reaksi dia kalo lagi sakit. Seinget gue, Jo bisa 2 kali lebih kolokan dan susah tidur.
So, what do I learn from this? any dissease in kids, not only requires strong immune system of theirs, but also strong heart of the mothers. Jantung ibu2 harus kuat nahan deg2an saat merawat anak sakit.

1 comments:

nomad girl on 3:19 PM said...

gimana kalo coba ngasih chicken soup? atau sejenis chicken essence for kids? mungkin nanya sinshe? atau chinese medicine physician?

 

Mommy of twins Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare