Friday, June 7, 2013

Ikutan masak

Posted by Journal Mommy Yenny at 3:03 PM
Hello...
Punya anak-anak melewati usia balita enak juga lho...
Mereka masih pengen deket-deket kita dan pergi bareng. Walau terkadang udah mulai bisa nih janjian sendiri sama temen-temen sekolahnya. 

Intermezzo ajahhh.... dalam minggu ini, sehabis kelar jadwal UKK (Ujian Kenaikan Kelas), Lun telpon gue siang-siang di kantor, cuma untuk tanya: boleh gak pergi nonton bioskop sama temen sekelasnya yang cewek. Katanya, mama nya mau koq anterin dan temenin. Gue sampe speechless. Then, lebih melongo lagi saat Jov bilang, dia juga mau ikut. Hmmm...untung gue uda sempet kenalan sama temen dan mamanya itu. Itu juga gara-garanya karena mereka sempet pergi barengan ke Kidz*nia di bulan lalu. Hadeuh... gimana kelakuannya kalo udah kelas 6 SD atau SMP ya... *hiks...peluk Bas kenceng2 sambil nanya "kamu belum keluyuran kemana-mana, kan...?" lebayyy*

Balik lagi ke cerita utama.

Kalau hari libur, suka puas-puasin deh di dapur. Kalau sehari-hari kayanya merasa dikejar-kejar waktu banget ya. Jadi pelampiasannya di hari libur. Kebetulan kemarin pengen bikin gyoza.

Nah, kalau gue ke dapur, pasti ada aja yang suka nanya "mommy mau bikin apa? kita bantuin bole gak?"
Gue selalu jawab "boleh...."
Tergantung siapa yang nanya. Kalau Lun atau Jov, biasanya suka gue suruh kocok telur (pakai whisker), atau ambil-ambil sesuatu dari kulkas, atau pegangin mixer! haha...  Kalo Bas, biasanya gue suka minta dipegangin mangkoknya, atau suruh dia duduk temenin di dapur ajah.. Pokoknya yang gampang2, biar mereka senang merasa bisa bantu. Selain itu, pas masak daging, karena gue ga makan daging, gue suka tanya "siapa yang mau jadi tester?" Mereka selalu dengan senang hati acungkan jari bilang "saya...!"

Jadilah kemarin Jov bantu masak gyoza :)

Bikin gyoza sebenernya engga sulit lho...
Gue refer ke resep asli di sini ya
Tapi yang kemarin dibikin, modifikasi sedikit deh, menyesuaikan bahan yang ada di kulkas.

Bahan :
* 250 g daging ayam giling
* 1 daun bawang diiris halus
* 1 butir bawang putih cincang halus
* 1 sdm minyak wijen
* 1 sdt kecap asin
* merica secukupnya
Semua bahan ini dicampur rata

Minyak secukupnya untuk menggoreng
Kulit gyoza (beli jadi di supermarket)

Taruh campuran bahan ke tengah kulit gyoza, beri sedikit air matang di tepi kulit dan lipat setengah lingkaran


ada chef kecil yang membantu
 
hasil lipatan Jov, sebelum digoreng... Not bad lah ya..
Panaskan sedikit minyak di wajan, goreng gyoza sampai kecoklatan di kedua sisi dengan api besar.
Kecilkan api, tuang air kira-kira 1/3 tinggi gyoza, tutup wajan hingga matang. Masak hingga air habis.


ada yang kelamaan diangkat  XD
Seneng banget Jov karena bisa bantu masak *mommynya lebih seneng lagi, tinggal foto-foto dan nge-goreng ajah* Waktu udah mateng, dia juga yang jadi tester boy. 

Dalam sekejap, gyoza ludes dimakan mereka dan bapaknya *nyengir lebar*  

Extra photo for the day...
During afternoon, we went to a shopping mall. I was walking behind them while seeing them did this. I couldn't help myself to smile and take a shoot.



They both so cute .... :b



4 comments:

Pinkbuble on 4:57 PM said...

Makasi resepnya..si abang arip paling napsu ama Gyoza, jadi pengen buatin. ^^

Anonymous said...

*puk puk puk* anak2 emang udah gede...
Jov canggih juga tuh bungkus gyoza nya...

debby tondo on 11:03 AM said...

Alden juga paling kepo tuh kalo gue lagi di dapur hihi

Journal Mommy Yenny on 12:13 PM said...

Pinkbuble: you are welcome, El...

Anonymous: thankssss...

Debby: hahaa sama yaa

 

Mommy of twins Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare