Sunday, October 3, 2010

Balada PRT

Posted by Journal Mommy Yenny at 11:22 AM
Selain anak dan suami, yang deket di hati dan pikiran ibu-ibu jaman skrg adalah pembantu!
Bener gak... dan gue lagi pusing-pusing soal pembantu, udah berbulan-bulan!

Beberapa bulan yang lalu, gue nyari pembantu karena yang lama brenti karena mau hamil.
So, gue cari via makelar, namanya K, atas rekomendasi temen.
Pas dapet 1 orang, udah bulan Juni tuh alias deket lebaran, ya sudahlah gue pikir. Kan butuh orang gak liat waktu ya. Kalo emang pas butuh ya harus cari.
Dapet si mbak R, bisa kerja sih, dan mau disuruh-suruh, tapi dia blg kurang sabar ngadepin anak2..
ya udah, gue suruh kerjaan rumah aja.

Sebulan kemudian, gue butuh lagi, jadi gue ambil lagi ke K, dapet mbak M
Nah, mulai deh problem. mbak M ini kerja baru semingguan gitu, minta ijin pulang katanya neneknya sakit keras. Katanya sih seminggu pasti balik lagi
Makelar K bilang ditahanin aja bu anaknya toh udah mau deket lebaran, si M ini pasti gak balik kalo dikasi pulang, katanya.
Ya udah gue tahanin donk. Sampai sini gue blom mikir macam2 karena gue pikir, hire pembantu pasti ada aja nih ini itu nya

Di bulan yang sama, gue ambil 1 mbak buat mertua gue. 2 hari kerja, si mbak nangis2 minta pulang, katanya kakeknya meninggal *gila nih orang kampung, alasannya gak ada yang lebih kreatif ya*
Dikasi pulang ama mertua karena mbaknya maksa. Mertua bilang pasrah koq digantiin setelah lebaran gapapa *gue uda gak enak hati*

Trus, uda donk lebaran...
pas pulang R dan M ngaku mau balik.
Gue bilang sama M gak usah balik deh. Gue sama hubby gak sreg sama kerjanya. Demen tidur dan rada error kalo disuruh-suruh, termasuk pinjem duit ama si suster. Jadi, gue tinggal nunggu R dan cari 1 lagi donk.
eh, lewat dari tanggal yang dijanjiin, R blom dateng juga, pas gue sms dia bilang "belom tau bu kapan bisa dateng karena saya lagi sibuk banget"
Lah, ya gue anggap jawaban dia berarti gak mau balik ya dan gak sudi gue suruh nunggu dia. Nunggu ampe kapan?
Lagian makelar K ini langsung sms gue lho sehari sebelumnya, nanya "mau pesen orang lagi gak bu?"

Gue : "saya mau pesan 1 pak"
K : "kan di tempat ibu, 2 orang yang pulang.."
Gue : "iya, saya mau pake 1 lagi suster aja.. *alesan...gue sebetulnya pengen coba cari dari yayasan lain*
K : "Ambil dua aja deh bu..saya kebetulan ada dua orang yang maunya kerja serumah...nanti saya kasi diskon"
Gue : "aduh, kalo yang begitu, ntar satu mau pulang, satu lagi ikutan pulang..saya gak mau ah pak"
K : "engga lah bu, kalo iya juga, saya garansi lah bu..toh banyak orang ini...kalo pulang, pasti bisa saya cari orang lain. Sekalian nih saya bawain yang gantinya buat si ibu (= mertua), jadi 3 orang"
uda debat-debat beberapa menit, akhirnya gue setujuin juga ambil.

Jadi deh tu dianter 3 orang
1 orang gue kasi ke mertua, yang 2 gue bawa pulang ke rumah.
itu yang status orang pengganti, K minta dibayarin ongkos 150 ribu.
Trus yang gue ambil baru, dia bilang kena ongkos admin lagi @ 450 ribu.
Gue protes lagi, kalo mau juga, gue bayar full buat 1 orang aja karena anggap R uda kerja lewat 3 bulan, sedangkan M baru kerja sebulan...gue nawar bayar admin setengah aja.
Trus dia bilang, batasnya emang biasanya abis lebaran dianggap pengambilan baru.
uda debat-debat lagi, akhirnya gue ngalah aja deh...biar urusan cepet kelar.

2 orang baru, mbak N ama T, kayanya sih bisa kerja dan mau pegang anak-anak.
Hari ke-14, sekitar jam 10.30 malam, suster sama mbak N teriak-teriak.
Gue bingung, pada ngapain sih?
kata mereka, si T ini tidur nangis-nangis sampe jerit-jerit...intinya, ni berdua ketakutan karena mereka tidur sekamar.
gue bilang, ngigo kali, bangunin aja
Selang sejam kemudian, mereka teriak lagi, sambil ada suara kedubrakan.
Gue penasaran, nongol ke kamar anak-anak (tempat mereka tidur)
Di sana, suster ama N uda mojok di tembok sambil gemeteran, uda nangis sesengukan, berpelukan berduaan.
Gue melongo..."ada apa sih kalian...???"
Ternyata mereka ketakutan katanya T ini nangis2 sambil berpose-pose kaya mau difoto.
Gue liat sih emang T lagi tiduran tapi sambil mukanya basah gitu.
Gue dorong2 bangunin...susah banget..kata mereka berdua, dari siang begitu kejadiannya dan dibangunin susah banget sampe ditabokin baru bangun
yailaaaahhh...gue suruh mereka coba usap-usapin mukanya pakai air, plus "ditabog2" baru dia bangun

Pas bangun, mukanya juga linglung begitu dan nanya emangnya dia kenapa
dueeeehhhh...walau baru kejadian kali ini, gue parno donk.
Gue tanya, lagi sakit apa engga...kalo sakit ya mau gue bawa ke dokter..N juga pegang badan dia, katanya gak demam koq bu
si T ditanya gak nyahut, diem aja (ekspresi orang kaya lagi mabok, tepatnya)...trus gue suruh tidur pake kasur lipat di kamar lain deh, daripada sekamar gak bisa tidur, untung anak2 gak kebangunan.
Langsung gue sms si makelar K, gue bilang minta tuker aja deh. Secara halus gue bilang, khawatir dia sakit atau kecapean, koq sampe ngigo parah.
Dia bilang blm ada gantinya jadi gue bilang gapapa lah, ditungguin, yang penting T ini gue anterin ke dia. Gue gak mau donk disuruh tanggung jawab kalo nanti dia tambah parah atau malah efek ke anak2

Jum'at pagi hari, gue kembalikan ke tangan dia, sekalian ama setengah gaji. Gue gak mau ngutang apa-apa sama orang.
Mbak N sempet bilang mau ikutan pulang...eh..??
gue bilang baik-baik : "saya bukan mau nahan-nahan orang, tapi kamu bayangin apa jadinya rumah saya kalo berduaan begini langsung keluar? lagian semalam saya uda tanya kamu bilang gak ikutan pulang, skrg koq berubah pikiran? nanti kalo udah ada pengganti, kamu mau pulang ya sudahlah"
Bener donk ngomongan gue..

Jum'at malam, makelar K bilang, uda ada pengganti T dan bikin janji jemput dia deket rumah gue.
Sabtu pagi, dia bilang maap bu...anaknya gak jadi berangkat...haddoooohhh..gue masih coba sabar walau udah gondok.
Sabtu sore, dia bel lagi katanya "bu, daripada repot, si N kan mau pulang juga, ini saya langsung gantiin 2 orang deh ya...saya lagi ada orang yang mau berdua kerja serumah. Ibu langsung bawa N sekarang dan saya kasi 2 orang ini sama uang transportnya ya bu"
Gue jawabin "boleh aja pak, tapi saya gak bisa anterin skrg (gue lagi mau makan keluarga ulang tahun)..besok aja saya ambil" sekalian gue bilang "ongkos nya jangan full donk pak..si N ini kan maunya dia yang brenti"
Dalam hati, gue udah berasa capek...disuruh ngambil ke kota (dari rumah gue di pinggir kota sini) trus bayarin tu ongkos lagi...yang namanya garansi bukannya gratis..?? sekali lagi uda deal tuh diskon ongkos dan nentuin jam jemput besok.

Setelah dinner, gue dapet sms dari dia "maap bu, anaknya uda diambil, uda pengen cepet2 kerja"
duuuhhh, gue emosi donnnnggg, gue balas "kan saya emang uda janji mau ambil besok pagi!" kenapa dikasiin ke orang lain? maksudnya apa...??
Dia cuma bilang "maap bu, saya cariin lagi yang lain.."
Sorenya emang dia sempet minta gue ambil aja sekarang, dia uda gak ada duit lagi buat (ngasih) makan
gue sampe bilang, bukannya gue gak mau bantu lho..tapi emang rute gue gak bisa ke sono...masa iya gue diminta detik ini juga ke sono, gue kudu jalan...ya cocokin jadwal donk...lagian gue tegasin lagi gue ambil besok pagi.
Gue rasa dia cuma mau ambil yang duitnya paling cepet aja, masa beda gak sampe 24 jam, gue udah dilewatin...

Kenapa sih pada ajaib gitu pembantu2 jaman sekarang? gue sebetulnya gak salahin K karena emang balik lagi ke masing-masing orang, tapi liat cara kerja dia begitu, abis ini gue gak mau cari dia lagi deh
Masih sempet lagi dia bilang "sebenernya si T kemarin bilang betah kerja di tempat ibu"
Yaiyalah, gimana gak betah...pembantu gue kasi uang makan, jadi belanja sendiri, masak sendiri, dapur gue terpisah, mau nonton TV sendiri juga bisa karena TV terpisah, trus gue juga kerja dari pagi ampe malem, kaga sempet juga gue "gerecokin", gue cuma mau tau beres aje.
Cape dee...Abis ini tunggu dia gantiin trus bye bye aja deh.

Then...it is not the end of story...
Pas dinner gue ketemu ama mertua donk...dia langsung ngadu "itu pembantu ternyata ada suaminya di jkt selatan dan tiap minggu, si mbak minta off nginep sehari...mami sih kasi, tapi tadi mami mau keluar rumah, masa dia mau keluar nginep lagi...?? mami bilang kan seminggu sekali, kamis kemaren udah, skrg baru sabtu kenapa mau keluar lagi...eh, dia diem aja gak jawab.."

Dueh, mabok gue

Jadi, teman-teman...kalo masih ada yang punya rekomendasi yayasan/makelar lain, gue masih butuh nih...

12 comments:

Once in a Lifetime on 4:21 PM said...

Gua baca aja udah capek hati. Selama ini kalau gua ganti di yayasan gak kena ongkos lagi lho sama sekali, namanya kan garansi, tp emang yayasan lebih mahal, thn lalu aja udah 750rb, thn ini katanya 900 rb.

Gua pernah dpt yg bagus tp bkn dr yysan melainkan sodara prt tetangga. Trs satu lagi ada jg tp sayangnya yysannya udah ttp di roxy. Yysan yg thn lalu gua ambil di kapuk. Orangnya sih buanyak dan selalu ada pengganti tp bener2 kyk gambling. Gua dpt yang katanya pengalaman tp pas di bawa ke mal jatoh naik escalator krn tyt belom pernah seumur2, terus masak rice cooker jg belom ngeh. Gua masih sabar dan pelan2 ajarin tp akhirnya nangis2 minta pulang pas anaknya katanya digigit ular *lebih kreatif kan?* akhirnya diganti ABG yang motivasi kerja hanya utk ngumpulin duit beli hp setelah dpt 5 bulan berhenti:(
Sekarang pk yang udah 6 bln lalu dpt dr tmn yang kelebihan, pas lebaran balik lagi tp gak tahu berthn sampai kapan *deg degan menanti*

Arman on 11:21 PM said...

ya prt, ya makelar, emang semua gitu ya.. .gak ada yang bisa dipercaya...

Journal Mommy Yenny on 11:38 AM said...

@ Elisa, thank you dah sharing ya...
iya nih, bete juga...
trus denger2, mbak2 itu lagi banyak dibawa kerja ke palembang atau medan dan kerjanya pake sistim kontrak, jadi supply juga menurun nih

@ Arman, iya kadang enak kaya elo di sono, gak ribet urusan maid segala...tapi kalo di kondisi gue, berarti gue kudu resign donk ya..*hiks*

Patzie on 11:47 AM said...

iya yen.. gw dikasih tau ma makelar yg laen, katanya org kampung kalo duitnya lom habis dia gak akan ke jkt
Eh tau gak ternyata makelar lo si " K" itu mgg lalu ud sms gw persis spt tulisan di blog ini n berkali2 dia nyasar nelp gw *heran gw*

nomad girl on 1:04 PM said...

No Comment deh, gue bacanya aja udah ikutan capek. Apalagi yg ngejalanin.

Bisa dibayangin tuh kalo lagak nya seribu macem kyk gitu ditambah dgn language barrier (di sing/malay) pantesan aja banyak kasus....

Journal Mommy Yenny on 5:22 PM said...

@ patzie, iya mabok deh yaaa...
tu orang emang suka tulalit deh..sering jg koq nyasar sms ke gue

@ icen, hoaaaaa.....icen....hiks hiks sob sob sob *lebay* kapan lo ke mari...

Arman on 5:24 AM said...

yah semua pilihan pasti ada plus minusnya yen.

kita disini gak ada pembantu kan karena terpaksa. karena gak affordable. hahaha. kalo di indo ya kalo emang bisa pake pembantu ya why not. tapi kalo emang mau mutusin gak pake pembantu juga bisa2 aja kalo emang mau... ya gak? :D

tentang resign gak resign itu juga pilihan. ya kalo mau ngurusin semua sendiri ya kudu resign tapi konsekuensinya jadi pendapatan berkurang. ya kayak kita, ya harus struggle dengan single income. jadi nya gak bisa selonggar pengeluaran keluarga yang double income kan... :)

kita juga kadang suka ngiri, enak ya yang double income. pasti gak sepusing kita mikirin duitnya. hehehe. tapi ya balik lagi semua pasti ada keuntungan dan konsekuensi masing2 lah ya... tinggal ditimbang2 mana yang paling sesuai dan terbaik buat kondisi keluarga masing2... :)

nomad girl on 9:35 AM said...

Maksud loe? (hahaha) mau hire gue jadi suster infal?
Bakal mahal nich, secara lulusan universitas luar negri pula...

Ah Boy and Ah Girl's Mom on 11:09 AM said...

hahaha...balada pembantu emang ga ada habis2nya. Di sini sistem kontrak 2 thn Yen, dan biasanya kita yg minta ganti ke agent, bukan prt nya yg minta pulang. :)

Journal Mommy Yenny on 2:08 PM said...

@ Arman, iya bener man ngomongan elo.
plus minus sih yaa...kita cuma berusaha ngambil yang plusnya lebih gede/banyak drpd minusnya. overall, gue sih enjoy kerja man, and i like my job...

@ nomad girl, nope...
gue cuma pengen cerita2 ke elo aja sambil shopping2 ama makan2...hahahaha *banyak maunya*

@ Lena, oo gitu ya Len
kalo ada sistim kontrak mungkin mereka jg gak bisa sembarangan minta pulang ya..

Pinkbuble on 10:02 AM said...

Iyah Yen, gw bacanya sampe ga tau mo komen apa..:(
Greget plus kesel banget sama mbak mbak aneh bin ajaib itu!! Oh my, kl otaknya diupgrade dikiiiit aja untuk mikirin kerja untuk menghasilkan duit..mungkin mereka lbh bs bersikap sesuai ratio. Grrr..

Journal Mommy Yenny on 4:48 PM said...

@ elrica, iyaaaa....*hiks hiks hiks*
bukannya pusing mikirin anak & suami, malah lebih pusing mikirin mereka. Selain otaknya blm nyampe, mentalnya jg as we said "mental pembantu", gak bisa mikir kalo kerja tuh ada hak dan kewajibannya...maunya enaknya doang mah capee deee

 

Mommy of twins Copyright © 2010 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by Online Shop Vector by Artshare